Dakar 2023: Ross Branch Pemenang Baru di Kelas Motor, Pakai Brand Made In India

Minggu, 08/01/2023 22:05 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Luar biasa kompetisi kelas motor Dakar 2023 di gurun pasir Arab Saudi. Stage 8 pada Minggu (8/1) kembali menghadirkan pemenang berbeda dan di luar dugaan.

Ya, sebuah kejutan, karena pemenangnya adalah biker pembesut motor India. Bukan pelanggan kemenangan macam KTM dan Honda.

Ia adalah Ross Branch, pereli asal negeri kecil Botswana. Ia memenangi Stage 8 setelah mengungguli pereli muda Mason Klein yang sejak awal unggul. Jelang finish, Branch bisa menguber musuhnya dan unggul 1 menit 33 detik.

Ini kemenangan perdana Branch di ajang Dakar. Menjadi buah bibir karena motor yang ia kendarai adalah Hero yang dipasok tim pabrikan India. 

Buat Hero Motorsports Team Rally, ini kalikedua memenangkan stage Dakar setelah yang perdana pada  musim kompetisi 2022 lewat Joaquim Rodrigues.

Wajar jika Branch begitu bergairah merayakan kemenangan perdananya. Terlebih karena kekecewaan luar biasa pada stage sebelumnya, saat ia dua kali tak mencapai garis finish akibat kehabisan bahan bakar di tengah gurun.

"Itu kejadian tak terduga dan bukan kesalahan siapa-siapa. Saya sendiri beberapa kali membuat kesalahan kecil," kata Branch yang justru merasa berhutang kepada tim yang sejak awal sudah bekerja keras membantunya.

Pemikiran itu yang membuat Branch terus berjuang dan gaspol dengan motor made ini India-nya.

"Hari ini kami tampil sempurna, meraih kemenangan stage lainnya. Itulah yang terpenting dan yang kami inginkan. Sekarang kami akan menjalani hari demi hari hingga lomba berakhir, dengan harapan tak ada masalah pada motor agar kami tetap bisa melaju di baris depan," imbuhnya.

Sayangnya, kemenangan itu tak membuat peringkat Barcnch di klasemen sementara melonjak tajam. Ia masih berada di peringkat 35, naik dari posisi ke-40 pada akhir Stage 7.

Klasemen sementara hingga Stage 8 masih dipimpin Skyler Howes (AS/Tim Pabrikan Husqvarna) yang finish P20 pada stage hari ini. Hanya saja, ancaman semakin keras buatnya dari dua pesaing di bawahnya.

Kevin Benavides (Tim Pabrikan KTM) dan Mason Klein (BAS World KTM Team) berada di peringkat 2 dan 3 dengan sama-sama hanya selisih 13 detik dari Howes.

"Saya lakukan yang terbaik hari ini dan di tengah jalan berpikir akan memimpin klasemen sementara. Sedihnya, Ross (Branch) ternyata lebih cepat ke garis finish," kata Klein, pereli AS berusia 22 tahun yang sudah memenangkan satu stage di perhelatan Dakar kali ini. (rnp)

 

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas