Dakar 2023: Merapat ke 4 Besar, Sebastien Loeb Dikepung 3 Perally Toyota Gazoo Racing

Senin, 09/01/2023 03:18 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Terpuruk ke urutan 26 di tiga stage awal, perjuangan dan  pengejaran Sebastien Loeb pelan-pelan mulai memunculkan bahaya di level atas. Tarung keras di 4 Besar klasemen sementara.

Loeb, pemegang 9 gelar juara dunia WRC, meraih prestasi tertinggi di ajang Dakar sebagai runner up 2022 di bawah juara Nasser Al-Attiyah. Pereli tim Bahrain Raid Xtreme (BRX) sukses memenangi Stage 8 Rally Dakar 2023 di Arab Saudi, Minggu (8/1). Mengalahkan Al-Attiyah (Toyota Gazoo Racing) dan Carlos Sainz (Audi Sport) di urutan 2 dan 3.

Sebenarnya Sainz yang tercepat, tapi pereli veteran ini kena penalti waktu sehingga turun ke P3.

Tentu saja yang jadi bidikan Loeb adalah Al-Attiyah seperti tahun lalu. Sainz sendiri, untuk meraih podiium pun sangat berat akibat berbagai masalah teknis dalam 8 hari perlombaan. Ia terpuruk di urutan 44.

Sebaliknya dengan Loeb. Driver kebanggaan Prancis itu kini merapat ke 4 Besar. Dengan sisa waktu lomba 6 hari ke depan, peluang Loeb mengalahkan Al-Attiyah terbilang berat karena sudah tertinggal 1 jam 52 menit dari pereli asal Qatar itu. Apalagi, Al-Attiyah pun sudah rencanakan strategi cari aman di stage berikutnya.

"Cukup 3 Besar di setiap stage, minggu depan (saat finish 15 Januari) kami bisa pulang ke rumah dengan happy," katanya, artinya tak akan mengambil  resiko lagi jadi tercepat di setiap stage.

Yang realistis bust Loeb adalah meraih podium di akhir lomba, atau menyamai prestasi tahun lalu sebagai runner up. 

Dua driver yang memisahkan Loeb dengan Al-Attiyah adalah Henk Latigen (Toyota Gazoo Racing) dan Lucas Moraes (Overdrive Racing) di peringkat 2 dan 3. Selisih waktu Loeb dengan keduanya kisaran 40 dan 20-an detik.

Perjuangan keras Loeb semakin menarik karena pereli ketiga Toyota Gazoo Racing, Giniel de Villiers, menguntit dari peringkat 5. Ya, ia hsrus menghadapi 3 driver Toyota di grup 5 Besar.

"Saya tahu tak akan mudah. Tapi kami meraih hasil bagus dalam beberapa stage belakangan. Hari ini hanya sekali kami ganti ban, selebihnya okay,"ujar Loeb.

Senin, 9 Januari 2023, seluruh peserta mendapat libur sehari. Kesempatan untuk menyegarkan fisik dan pikiran untuk memulai lagi pertempuran pada Selasa nanti. (rnp)

 

TERKINI
Pengunjung PEVS 2024 Tembus 4.500 Orang, Transaksi Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Menandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik