Masalah Fitur Keselamatan, BMW Motorrad Tarik Ratusan Motor Gedenya Dari Pasar Otomotif

Senin, 13/02/2023 18:30 WIB

mobilinanews (Amerika) - BMW Motorrad menarik kembali sekitar 270 unit motor S 1000 R dan 484 S 1000 XR yang diproduksi tahun 2020-2023 di Amerika karena kesalahan pengaturan salah satu fitur keselamatannya.

Menurut dokumen yang diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), masalah ini memengaruhi mode "Dynamic Pro", sebuah sistem bantuan berkendara yang dapat disesuaikan an terpogram dalam fitur Mode Berkendara Pro.

Melalui fitur tersebut, pemilik sepeda motor dapat mempersonalisasi pengaturan yang dapat mengontrol traksi untuk mengurangi torsi mesin jika sepeda motorkehilangan trakksi di permukaan jalan.

Sebagai perangkat bawaan, fitur keselamatan ini sangan berpengaruh bagi kenyamanan berkendara sehingga kerusakannya dapat berakibat fatal pada saat pemotor menggunakannya.

Terkait itu, perlu pengaturan ulang perangkat lunak yang diinstal langsung oleh dealer mendukung keselamatan berkendara. Nantinya semua pengaturan dalam fitur Dynamic Pro harus kembali melalui pengaturan ulang oleh pabrikannya atau dimatikan sepenuhnya.

Menurut NHTSA problek pada fitur motor S 1000 R dan 484 S 1000 XR ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan sehingga penarikan menjadi langkah yang paling rasional.

BMW mengatakan pertama kali mengetahui kasus itu setelah adanya kecelakaan di Prancis yang melibatkan BMW S 1000 XR 2022. Insiden serupa dilaporkan di Turki dan Belgia beberapa waktu lalu.

Untuk memperbaiki situasi ini, BMW mengeluarkan pengumuman penarikan di Amerika pada 28 Maret.Mereka akan menyurati pemilik unit untuk perubahan pengaturan Dynamic Pro yang langsung ditangani pihak BMW Motorrad.(erwin)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine