MotoGP 2023: Penampilan Ducati Makin On Fire, Ini Alasan Pecco Tak Mau Jumawa

Senin, 13/03/2023 20:46 WIB

mobilinanews (Portugal) - Ada 8 Ducati di grid MotoGP dari 4 tim berbeda. Tujuh diantaranya berpotensi tarung ke zona podium. 

Itu hasil tes resmi terakhir MotoGP jelang musim 2023 di Sirkuit Portimao, Portugal. Sekaligus penegasan kalau pabrikan Italia itu paling siap memulai kompetisi tahun ini.

Tak lain karena konsistensi Desmosedici yang sudah terbukti. Pada tes pra musim sebelumnya di Sepang, Malaysia, Ducati juga menempatkan 7 pembalapnya di grup 9 Besar tercepat. Baik GP22 maupun GP23 sama ganasnya.

Wajar jika para pembalap andalan Honda dan Yamaha merasa ngeri menghadapi musim ini.

Juara dunia 2022 Francesco 'Pecco' Bagnaia tampil tercepat di sesi tes Portimao dengan memecahkan rekor kecepatan pada trek perbukitan itu.

Ia satu-satunya pembalap yang mencetak waktu di bawah 1 menit 38 detik. Persisnya 1:37,968. Unggul 0,334 detik dari Fabio Quartararo (Yamaha) yang tercepat ketiga dan 0,810 detik atas Marc Marquez (Honda) yang tercecer di P14.

Quartararo dan Marquez sejak tahun lalu digadang-gadang sebagai rival utama Pecco untuk mempertahankan gelar.

Dan, dari hasil dua tes pra musim, jelas sekali Pecco lebih siap menuju race pembuka musim 2023 di GP Portugal pada 24-26 Maret mendatang.

"Hasil tes sangat positif. Sepang dan Portimao dua trek yang karakternya sangat berbeda. Artinya motor 2023 mudah disesuaikan dengan kondisi sirkuit yang berbeda-beda," kata Pecco.

Tapi, murid Valentino 'The Doctor' Rossi itu menegaskan itu semua baru berupa latihan. Ia tak ingin terlalu percaya diri menghadapi race sesunguhnya meski ia sangat bersemangat untuk memulainya. 

"Hasil tes ini justru membuat tim rival menjadi lebih fokus memperbaiki kekurangan masing-masing. Kami belum boleh berpuas diri hanya dari hasil tes. Raceday dan juga sprint race yang berlangsung tahun ini akan punya cerita berbeda," tegasnya.

Ya, semua memang bisa berubah saat balap sesungguhnya berjalan. Yang jelas, saat tes Portimao semua tim sudah menetapkan mesin dan aero kit yang akan digunakan berkompetisi.

Hanya tersisa sedikit waktu buat Honda dan Yamaha untuk meningkatkan performa RC213V dan M1. Sedikit waktu yang hasilnya bisa untuk mengimbangi Desmosedici atau pun sebaliknya.(rn)

 

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024