Belum Sempat Bawa Mario Aji ke Ajang Moto2, M Rapsel Ali Bos Tim Pertamina Mandalika SAG Wafat Serangan Jantung

Minggu, 09/04/2023 12:08 WIB

mobilinanews (Makassar) - Bagi Irawan Sucahyono, salah satu pengurus Pertamina Mandalika SAG Racing Team, kepergian Muhammad Rapsel Ali secara mendadak pada Minggu (9/4/2023) pagi di Makassar, Sulawesi Selatan, sangat mengejutkan.

"Ketika berangkat kunjungan kerja ke Sulawesi, kami sempat ngobrol dengan Pak Rapsel Ali. Yakni terkait percepatan memiliki pembalap Indonesia di Moto2. Juga terkait proses kontrak tim balap dengan Pertamina. Dan rencananya, besok kita akan bertemu di Jakarta," ungkap Irawan Sucahyono kepada mobilinanews.

Menurut Irawan, mendiang Rapsel Ali selaku pemilik Pertamina Mandalika SAG Racing Team memang sangat berobsesi membawa pembalap Indonesia ke ajang Moto2 untuk selangkah lagi bisa ke MotoGP.

"Beliau mengatakan, Tim lebih mengutamakan percepatan memiliki pembalap Indonesia di Moto2. Sesuai dengan tujuan utama tim. Dan untuk musim balap MotoGP 2024, kami telah memiliki calon kuat," terang Irawan, mantan Sekjen PP IMI yang kini Kabid Olahraga Mobil IMI DKI Jakarta.

Siapa nominasi pembalap Indonesia yang diincar tersebut?

"Pembalap Indonesia yang bisa ke Moto2 tahun 2024 hanya satu yaitu Mario Aji. Belum ada pembalap lain yang bisa diterima FIM dan Dorna," jawab Irawan Sucahyono. 

Iya, kabar duka itu datang dari kota Makassar tadi pagi. Pemilik tim Pertamina Mandalika SAG Team yang juga anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sekaligus politikus Partai NasDem Muhammad Rapsel Ali meninggal dunia di sebuah rumah sakit di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rapsel Ali merupakan menantu Wapres Ma`ruf Amin.

"Benar," kata anggota Komisi VI DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau biasa disapa Awiek saat dikonfirmasi media pada Minggu (9/6/2023). Awiek mengenang sosok Rapsel Ali sebagai orang baik. 

Terkait kabar Rapsel Ali meninggal dunia, Awiek juga mendapatkan pesan berantai dari grup WhatsApp. Di situ disebutkan, Rapsel Ali meninggal dunia karena sakit jantung.

"Innalillahi Wainnailaihi Roojiun.Berita Duka. telah meninggal dunia Yth. Bapak Muhammad Rapsel Ali, Anggota Komisi VI DPR RI/Fraksi Partai Nasdem karena sakit jantung di Makasar. Minggu, Tgl 9 April 2023 PK.08.30 WITA. Alamat rumah duka : Jl. Bontomangape No.7 Makassar, Sulawesi Selatan," tulis pesan itu.

Kabar duka tersebut dibenarkan juru bicara Wapres Ma`ruf Amin, Masduki Baidlowi. 

"Iya betul Pak Rapsel Ali, suami dari Bu Siti Nur Azizah. Kita ikut berbelasungkawa, staf khusus dan jajaran semuanya menyampaikan innalillahi innailahihi rajiun. Semoga Almarhum husnul khotimah dan diterima amal ibadahnya,” kata Masduki pada wartawan.

Masduki menyebut Rapsel meninggal dunia karena serangan jantung.

"Peristiwa ini mendadak, karena beliau terkena serangan jantung. Posisi beliau di Makassar, karena beliau anggota DPR Dapil sana sedang kunjungan kerja sepertinya ya," kata dia.

Saat ini, kata Masduki, Ma’ruf Amin belum melayat sebab jenazah masih berada di Makassar.

"Belum, tapi Bu Siti Nur Azizah yang pasti di sana,” ujar Masduki.

Lalu bagaimana nasib dan kelanjutan Pertamina Mandalika SAG Racing Team? Irawan Sucahyono mengatakan tahun ini tetap berjalan.

Untuk tahun depan? "Belum, kontrak biasa diperpanjang per tahun," jawab Irawan. 

Profil Muhammad Rapsel Ali :

Muhammad Rapsel Ali lahir di Selayar, Sulawesi Selatan, 6 Mei 1971. Dia merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem dengan dapil Sulawesi Selatan I.

Dilansir dpr.go.id, Rapsel Ali menamatkan sekolahnya dari SD hingga SMP di Sulawesi Selatan. Rapsel Ali sudah bergabung dengan Nasdem sejak 2018.

Rapsel menjadi tim sukses Jokowi. Baik saat bersama Jusuf Kalla, hingga dengan Ma`ruf Amin.

Tercatat dia menduduki posisi di organisasi relawan Jokowi seperti, anggota Dewan Pengarah Relawan Gerakan Indonesia Maju (GIM Institut Lembang Sembilan) Jokowi-Amin, ketua Dewan Pembina Rumah Perjuangan Jokowi Provinsi Sulawesi Selatan Pemilihan Presiden Periode 2019-2024.

Lalu, Ketua Dewan Pembina KAMI Indonesia (Relawan Komunitas Milenial Maruf Amin), Bidang Dokumentasi Publikasi dan Penertiban Relawan Gerakan Indonesia Maju (GIM Institut Lembang Sembilan) Jokowi-JK Pemilihan Presiden Periode 2014-2019.

Rapsel juga banyak menduduki posisi di sejumlah perusahaan, baik sebagai komisaris, wakil direktur hingga direktur. Dia juga aktif di sejumlah organisasi seperti klub bela diri hingga klub motor gede (moge) Harley Davidson. Almarhum juga sempat akan maju sebagai bakal calon Ketum IMI Pusat periode 2020-2024, namun akhirnya batal. (budsan)

 

 

TERKINI
Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan Digelar, Libatkan Kategori SMK! Intip Hasil Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Jadi Inspirasi Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024, Mitsubishi Bawa `Full Support Solution` Untuk Perkuat Layanan Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo