Up Date GP F1 Emilia Romagna 2023, Paddock dan Parkiran Sirkuit Imola Mulai Digenangi Air

Rabu, 17/05/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Italia) - Hujan deras sepanjang Selasa (16/5) membuat air Sungai Santerno meluap. Sirkuit Imola yang menjadi ajang balap GP Emilia Romagna akhir pekan ini mulai banjir.

Reporter F1 televisi Canal+ Prancis yang sudah berada di Imola melaporkan kondisi di paddock yang banjir. Akibatnya kru tim F1 yang tengah menyiapkan berbagai sarana tim harus mengevakuasi berbagai peralatan yang sebelumnya sudah terpasang. 

Laporan lain menyebut lahan parkir untuk para penonton GP Emilia Romagna juga banjir.

Di ajang medsos, berbagai pihak memposting gambar ketinggian Sungai Santerno yang oleh otoritas setempat diberi status 2 dari level maksimum 3. Ini bisa lebih gawat karena hujan deras diprediksi masih akan turun sepanjang Rabu dan Kamis ini.

GP Emilia Romagna yang dihelat pada 19-21 Mei jelas terganggu meski FIA belum melihat alasan untuk membatalkannya.

Masalahnya adalah kondisi infrastruktur di sekitar sirkuit Imola yang tidak kondusif. Otoritas lokal menetapkan status bencana banjir yang sudah menelan 2 korban jiwa itu pada level siaga merah. Tak lama kemudian pemerintah setempat juga mengimbau agar para pelancong yang ingin ke Imola agar memperrimbangkan kembali perjalanannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Saat sama sekolah juga diliburkan.

Imbauan itu jadi peringatan mendebarkan buat komunitas F1. Biasanya pada Senin dan Selasa para kru teknis tim F1 sudah ke lokasi untuk mempersiapkan fasiilitas tim di paddock, garasi, dan urusan logistik lainnya. Selanjutnya pada Rabu giliran pembalap dan ofisial tim yang berdatangan.

Yang juga terpengaruh adalah fans F1 yang sudah membeli tiket. Mereka datang dari seantero Italia dan berbagai negara Eropa,  bahkan luar Eropa. Belum diketahui akan seperti apa reaksi penonton nantinya, siap ambil resiko atau membatalkan niat nonton F1. Umumnya oenonton baru mengalir ke sirkuit sejak sesi Jumat hungga raceday Minggu. (rn)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan