F1 2023 Italia : Meski Mercedes Paling Dirugikan, Tapi Hamilton dan Russell Dukung Pembatalan

Kamis, 18/05/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tim Mercedes harus legowo menerima kenyataan. Pengembangan teknis yang sejak dua bulan lalu dicicil, ternyata tak bisa diuji di Sirkuit Imola sesuai rencana.

Karena jeblok di sesi winter test dan GP Bahrain, Mercedes langsung merespons dengan mengubah konsep pengembangan W14 yang jadi besutan Lewis Hamilton dan George Russell

Saat itu Team Principal Toto Wolff dan Direktur Teknik Mercedes Andrew Shovlin akan ada perubahan radikal pada W14 yang dikembangkan secara bertahap.

Belakangan diketahui kalau perubahan besar itu menyangkut suspensi depan, sidepod, lantai mobil dan perlengkapan aerodinamika.

Begitu panjang proses yang dilakoni tim dalam wind tunnel maupun simulator untuk menuntaskan misi pembaharuan.

"Paket baru ini akan tuntas dan ujian pertama berlangsung di Imola," kata Shovlin.

Imola dipilih karena ini adalah trek tradisional yang mengawali serial balap di Eropa yang mayoritas trek tradisional. Dengan tiga sesi latihan, tiga tahap kualifikasi, GP Emilia Romagna dianggap ideal menguji The New W14 dengan durasi balap 63 laps mengitari 19 tikungan.

"W14 versi baru tampil perdana di Imola. Ini bukan hanya menentukan langkah di sisa race 2023 tetapi juga terkait dengan persiapan ke musim 2024," lanjut Shovlin.

Sialnya, GP Emilia Romagna sudah resmi dibatalkan FIA terkait bencana banjir dan longsor di wilayah tersebut, termasuk banjir di Imola.

Mercedes tak punya pilihan lain kecuali mengatur ulang program pengembangan berikutnya. Karena race F1 berikutnya berlangsung di trek dalam kota Monaco maka seri Barcelona, Spanyol, jadi pilihan meski Mercedes kudu mengubah beberapa hal tambahan karena karakter sirkuitnya yang beda dengan Imola.

Bukan rahasia lagi kalau Hamilton dan Russell tak sabar menguji W14 baru di Imola. Ini momentum buat mereka, terlebih buat Hamilton untuk menakar kemampuan melawan tim Red Bull di sisa musim kompetisi 2023.

Sayang, harapan itu kandas oleh pembatalan seri Imola. Meski begitu kedua driver Inggris itu mengaku tak perlu kecewa karena pembatalan terkait dengan keamanan banyak orang.

"Ini sebuah tragedi. Tim penyelamat sedang bekerja. Safety adalah prioritas pertama," ucap Hamilton dalam akun instagramnya.

Russell secara pribadii maupun selaku Ketua Asosiasi Pembalap F1 menilai langkah pembatalan sangat tepat. Bukan saja keselamatan komunitas F1, tapi tak kalah penting adalah menyelamatkan penduduk Emilia Romagna yang terdampak oleh banjir dan longsor di beberapa lokasi.

Pembalap.lain yang setuju pembatalan seri Imola adalah duet tim Red Bull Max Verstapoen dan Sergio Perez serta Lando Norris (McLaren).

Tim yang bermarkas di Italia, Ferrari dan AlphaTauri, plus tim Haas dan Alfa Romeo juga mendukung pembatalan GP Emilia Romagna. Alasannya sama, keselamatan di atas segalanya.

Sampai saat ini banjir masih terjadi di beberapa kota. Dari foto-foto yang beredar tampak kesibukan petugas mengevakuasi penduduk dengan perahu karet. Di sisi lain Sirkuit Imola sudah dinyatakan tertutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. (rn)

 

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine