Evan Hariono, Pegokart Cilik Berbakat Asal Jawa Timur Yang Terus Pertajam Perbaiki Waktunya

Jum'at, 07/07/2023 09:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Juara atau podium itu bukan segala-galanya. Apalagi buat pembalap yang baru naik level kelas lebih tinggi. Ditambah, di kelas baru tersebut banyak dihuni `pembalap senior` dengan peserta paling banyak.

Iya, itu yang dirasakan Evan Hariono/" style="text-decoration:none;color:red;">Evan Hariono (11 tahun). Pegokart asal Surabaya, Jawa Timur dengan KIS (Kartu Izin Start) DKI Jakarta yang tahun lalu menjadi langganan naik podium (baca : juara) di kelas Entry Level, musim ini naik level ke kelas Mini Rok.

Bersama Nicol Palermo (Chief Mecanic Intrepid Italy) pada seri 1 Eshark Rok Cup 2023

Sebetulnya, sekurangnya ada 2 alasan kenapa putra mantan Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat dan offroader senior A Hariono ini harus naik kelas Mini dengan starter mencapai 20 pegokart.

Pertama, karena pegokart andalan tim DSR ini sudah sering juara di Entry Level dan best timenya sudah tembus 57 detik. Kedua, overweight.

"Iya, Evan masih punya masalah di berat badan. Tapi progressnya menurut aku, sudah cukup baik karena bisa perbaiki waktunya dia sendiri," ungkap A Hariono kepada mobilinanews.

Evan antusias saat diinterview

Menurut mas Hari - sapaan akrab A Hariono - , Evan mendapatkan pengalaman baru dan berharga pada seri 4 Eshark Rok Cup sekaligus round 3 Asia Rok Cup 2023 di Sentul International Karting Circuit (SIKC) Bogor, 24-25 Juni lalu.

"Kemarin di kejuaraan Asia Rok Cup itu, buat pengalaman Evan merasakan atmosfir balap yang lebih tinggi. Dan bisa mulai membangun mental dia sebagai fighter," lanjut mas Hari.

Bersama pegokart, coach, promotor Eshark Rok Cup serta Nicol Palermo

Bahwa semua perlu proses, itu menjadi sebuah keniscayaan. "Finish gak nangis aja di seri 4 Eshark Rok Cup kemarin, buat aku itu sudah kemajuan pesat Evan. Kedewasaan dia menerima kenyataan dan mau mendengarkan koreksi itu sudah bagus banget," jelasnya.

Diakui mas Hari yang juga ayah peslalom wanita dan promotor Kejurnas Slalom U23, Felicia Ivana ini, gokart merubah banyak sekali sifat dan mental Evan. Yang jelas sangat positif dalam pembentukan karakter Evan yang menuju remaja.

Evan Hariono/" style="text-decoration:none;color:red;">Evan Hariono di podium juara 1 kelas Entry Level Eshark Rok Cup 2022 

Ada target khusus dicanangkan untuk Kejurnas Gokart seri 5 Eshark Rok Cup mendatang?

"Seri 5 targetnya ya tetap : Mengalahkan waktunya dia sendiri. Kalau bisa menang atau naik podium, itu bonus aja," pungkas mas Hari.

Sementara itu Donny Sarwono selaku coach memuji improve Evan. "Sudah di jalur yang benar. Dan saya melihat kerja kerasnya telah membuahkan hasil yang positif," ungkap Donny. 

Evan, trofi juara 1 dan coach Donny Sarwono

Datang dengan kelebihan berat badan lumayan signifikan, suka nangis kalau diovertake, kini Evan telah memiliki teknik dasar sebagai pegokart yang bagus dan prospektif.

"Saya lihat Evan memiliki kemauan besar untuk maju. Tidak mungkin anak dengan umur 9-10 tahun mau latihan keras untuk membangun fisik sekaligus mengurangi berat badan, serta mengatur pola makan lumayan ketat, jika bukan dari keinginan Evan sendiri, untuk menjadi pembalap yang tangguh kelak," terang Donny Sarwono owner tim DSR.  (budsan)

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Kota Sabang Aceh, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan