Mas Menteri Sandi Uno Lepas Ceremonial Start Legend Riders Jelajahi Sumatra Tour Cross The Equator

Rabu, 19/07/2023 13:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melepas secara simbolis Ceremonial Start Legend Riders Club di kantor Kemenparekraf, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (18/7/2023) pukul 10.00 WIB.

Ada 20 lebih peserta touring akan menjelajahi Pulau Sumatra dalam tour bertema "Tour Of Sumatera: Cross the Equator". Para riders ini rata-rata adalah para legenda motorsport di eranya.

Legend Riders yang dipimpin Chepot Hani Wiano ini akan menjelajahi keindahan Pulau Sumatra. Tour memakan waktu sepekan dimulai pada 25 Juli hingga 1 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno berharap agar anggota Legend Riders Club dapat membantu Kemenparekraf dalam menggeliatkan UMKM di sektor ekonomi kreatif.

Dia juga berpesan agar para Legend Riders Club mengutamakan keselamatan diri dan pengendara lain.

“Selamat ber-touring ria. Patuhi peraturan dengan baik. Jangan ugal-ugalan. Selalu utamakan keselataman diri sendiri dan pengendara lain,” ujar Sandiaga Uno.

Sementara itu, Dolly Indra Nasution selaku Ketua Pelaksana "Tour of Sumatera: Cross the Equator" 2023 mengatakan pihaknya dalam melakukan touring tidak sedang beradu kecepatan.

"Kami ini rombongan umurnya sudah rata-rata di atas 60 tahun. Touring ini tidak design untuk adu cepat. Kita selama perjalanan memakai peraturan lalu lintas," kata Dolly Indra Nasution, mantan perally papan atas Indonesia di eranya.

Selain itu, Dolly Indra menjelaskan, pihaknya sudah pernah menjelajahi Pulau Sumatra sebelumnya. Namun kali ini, Legend Riders punya misi khusus.

"Kali ini kita ada misi khusus. Misinya bahwa kita ini sekaligus juga mensurvei tempat wisata. Karena di luar negeri itu sekarang lagi trending pariwisata olahraga kendaraan bermotor," ujar Dolly Indra.

Di Thailand dan Amerika, pemerintah sudah menyiapkan trek bagi para bikers untuk melakukan pariwisata olahraga kendaraan bermotor.

"Itu mereka seperti di Thailand, apalagi Amerika sudah ada trek - trek khusus untuk mengundang para bikers dari seluruh dunia. Indonesia kelewatan. Jadi kita mau, kita menjadi tujuan wisata buat mereka. Kita juga mau nation branding pariwisata Indonesia supaya mereka mau datang kemari," pungkasnya.

Usai dilepas Mas Menteri, para riders kembali bergegas menuju Balai Sarwono di Jalan Madrasah No.14, Cilandak Timur, Jakarta Selatan untuk melakukan rapat persiapan. (rikard, bs)

TERKINI
Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan Digelar, Libatkan Kategori SMK! Intip Hasil Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Jadi Inspirasi Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024, Mitsubishi Bawa `Full Support Solution` Untuk Perkuat Layanan Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo