South Borneo Rally 2023 : Maximum Attack Bintang Barlean di SS Rantau Bakula dan Batu Belawang, Ini Pemicunya!

Sabtu, 05/08/2023 22:08 WIB

mobilinanews (Tapin) - Perally BART Motorsport asal Kota Batam, Kepulauan Riau, Geofany Bintang Barlean (18 tahun) memilih menerapkan strategi bertahan pada sisa 5 Special Stage (SS) South Borneo Rally 2023 akan dilangsungkan Minggu (6/8/2023) esok. 

"Mungkin akan bertahan saja, karena untuk mukul ke atas dengan 5 SS terakhir besok, tentu sangat susah. Dan, meski posisi di depan Om Ubang (Subhan Aksa) dengan leading semenit lebih di kelas M2, tapi nggak bisa kita anggap remeh," ujar Bintang Barlean kepada mobilinanews.

Di SS Rantau Bakula dan Batu Belawang, Bintang bisa gaspol 100 persen

Subhan Aksa adalah mantan perally WRC (World Rally Championship) yang kali ini turun di kelas M2, mengandalkan Mitsubishi Evo 10 yang dianggap cocok dengan karakter Special Stage di Kabupaten Tapin.

Iya, Bintang kembali membuat geleng-geleng dan decak kagum komunitas rally, dengan berhasil menyodok posisi 2 dan 3 Kejuaraan Umum (Overall) pada South Borneo Rally 2023 Leg 1 Sabtu (5/8/2023) hari ini.

Seperti diketahui, Bintang berlaga di ajang Kejurnas Rally 2023 di Kabupaten Tapin, Kalsel di kelas M2 dengan menggunakan Subaru N12 yang telah uzur - berusia 15 tahun.

Bintang Barlean pada sesi Preskon South Borneo Rally 2023 

Namun karena Subaru bekas Hutomo Mandala Putra dan Ricardo Gelael itu jebol mesinnya, maka Bintang absen di Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 3 di Malang pada dua pekan lalu.

Ternyata setelah mesin baru yang dibeli dari Malaysia dipasang pada Subaru N12, langsung digaspol oleh Bintang, gak perlu inreyen (masa ujicoba).

"Puji Tuhan, langsung bisa digaspol, om," ungkap Bintang.

Maka di SS2 Rantau Bakula, Bintang menjadi perally tercepat 3 di bawah H Rihans Variza dan H Rachmat sebagai tercepat 1 dan 2. Keduanya perally kelas M1 dengan mobil Ford Fiesta R5 dan Hyundai i20 R5 terbaru.

 Dibimbing co-driver senior Anondo Eko sejak nyemplung di motorsport

Di SS3 Batu Belawang, Bintang yang didampingi co-driver senior Anondo Eko bahkan menyodok ke posisi 2.

Mahasiswa Institut Transportasi dan Logistik Trisaksi Jakarta ini hanya sedikit kalah cepet dari perally tuan rumah H Rihans Variza.

"Prestasi" sama dicetak Bintang di SS6 Rantau Bakula, putra offroader senior Frans Barlean ini kembali menjadi runner up.

"Puji Tuhan, di SS6 second fastest. Beda 0,2 detik sama om Ame (Haji Rachmat) di posisi ketiga," imbuh Bintang.

Bagaimana ceritanya Bintang yang notabene menggunakan "mobil lawas" bisa kalahin mobil-mobil baru dengan spec di atasnya di Rantau Bakula dan Batu Belawang?

 Subaru N12 baru turun mesin, langsung digaspol Bintang

"Karena hanya di SS 2, 3, 6 dan 7 di Rantau Bakula dan Batu Belawang, kita bisa memaksimalkan mobil 100 persen," buka Bintang.

Menurut Anondo Eko sebagai co-driver Bintang, Special Stage di dua daerah tersebut memang berkarakter lurus panjang dengan turunan dan ada sedikit jumpingan kemudian berbelok melandai.

"Di sini, Bintang gaspol sejadi-jadinya. Gak ada takut-takutnya toh bocil (Bintang, maksudnya). Mobil sampe terbang-terbang. Orang lain mungkin mikir kasbon (penggantian suku cadang karena rusak), Bintang main hajar aja ketemu trek lurus," ungkap Anondo Eko yang telah mendampimgi Bintang sejak awal terjun ke motorsport (speed offroad dan Sprint rally).

 Keceriaan pemuda yang masih 18 tahun

Namun karena peran Anondo Eko pula, yang dengan telaten membimbing dan sudah seperti figur ayah, membuat Bintang confident dan talentanya semakin terasah dengan cepat.

"Untuk 5 SS hari Minggu esok, saya akan lebih mempertahankan posisi di kelas M2 yang sekarang (peringkat pertama). Semoga besok perjuangan kami dilancarkan," pungkas Bintang.

Amin. (budsan)

Result Provisional Overall :

 

 

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!