MotoGP 2023 Austria: Valentino Rossi Sebut Marco Bezzecchi Tetap di VR46 Racing, Ini Alasannya

Minggu, 20/08/2023 18:57 WIB

mobilinanews (Austria) - Akhirnya legenda balap Italia Valentino `The Doctor` Rossi angkat bicara soal masa depan Marco Bezzecchi. Katanya, hampir pasti Bezzecchi bertahan dalam Ducati/" style="text-decoration:none;color:red;">VR46 Ducati milik The Doctor.

Rossi hadir di Red Bull Ring bukan sekadar melihat penampilan anak-anak didiknya di VR46 Rider Academy macam Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, Bezzecchi dan Luca Marini. Tapi, juga datang terkait masa depan Morbidelli dan terutama Bezzecchi.

Bintang muda Italia, Bezzecchi, memang tengah naik daun. Joki tim Ducati/" style="text-decoration:none;color:red;">VR46 Ducati itu  ingin motor spek pabrikan, tapi tetap bersama tim saat ini. Sebaliknya, keinginan itu dikabulkan Ducati dengan catatan Bezzecchi harus pindah ke Pramac Racing. 

Ducati sudah tetapkan batas akhir Bezzecchi di GP Austria pekan ini. Sebelum ada keputusan, Rossi tampaknya sudah membuat keputusan. Dalam wawancara khusus dengan Sky dan dikutip oleh outlet gpone.com, Rossi menyebut Bezzecchi hampir pasti bertahan di VR46 Racing pada musim 2024.

"Saya mendorong ke arah sana. Mempertahankan Luca dan Marco dalam tim. Benar, kami tak akan dapat motor pabrikan dari Ducati. Itu bukan problem," kata pemegang 7 gelar juara dunia kelas primer itu.

Ia sebut perubahan tim pada saat ini belum diperlukan karena justru akan merembet ke sektor lain seperti line up para teknisi. Yang tak kalah penting adalah keyakinan Rossi pada kemampuan Bezzecchi meski tak ditopang oleh motor pabrikan.

"Marco punya kecepatan dan ia sudah lewati sebuah tahap penting. Itu aspek yang fundamental. Tentu ada aspek lain yang harus ia tingkatkan, tapi Marco sudah terbukti seorang pembalap yang kencang. Itu sangat jelas buat semua orang."

Jika Rossi putuskan Bezzecchi tetap di tempatnya, sumber lain menyebut hal itu justru membuka pintu Morbidelli ke tim Pramac Ducati mendapatkan Desmosedici GP24 musim depan.

Skenario baru ini terbalik dari skenario sebelumnya dimana Bezzecchi yang ke Pramac untuk membuka jalan Morbidelli ke VR46 setelah putus kontrak dengan Yamaha.

Dengan kebijakan Rossi itu maka kini justru Ducati yang harus mengambil keputusan, apakah mempertahankan Johan Zarco (Prancis) atau menggantinya dengan Morbidelli yang berdarah Italia. Soal darah ini penting bagi Ducati maupun Rossi.

Malam ini WIB berlangsung race GP Austria. Apakah ucapan Rossi menjadi pasti usai balapan atau tunggu hari esok. Dengan narasi `hampir pasti` yang ia sebut sepertinya masih ada detil negoisasi yang belum tuntas. (rn)

TERKINI
Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder!