MotoGP Indonesia 2023 Disambut Antusiasme Ragam Sektor, Dari Motorsport Hingga Ekonomi Lokal

Kamis, 24/08/2023 11:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indonesia kembali menjadi salah satu negara tuan rumah bagi ajang balap internasional MotoGP musim 2023.Untuk kedua kalinya Pertamina Mandalika International Circuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, akan menjamu IndonesianGP pada 13–15 Oktober 2023.

IndonesianGP akan menjadi seri ke-15 dari 20 seri yang dijadwalkan pada musim ini, yang akan mempertandingkan tiga kelas yaitu Moto2, Moto3 dan MotoGP.

Sebagai rangkaian persiapan IndonesianGP, PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA), Ikatan Motor Indonesia (IMI), serta Dyandra & Co. menyelenggarakan kegiatan brand gathering MotoGP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia hari ini di Gold Dragon, Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IMI menyatakan dukungan bagi pagelaran MotoGP 2023 mendatang karena akan memberikan kontribusi bagi dunia motorsport sekaligus perekonomian di Tanah Air.

MotoGP ini merupakan satu olahraga yang paling bergengsi di dunia, dan kita patut mendukungnya, patut mensosialisasikannya, dan kita harus hadir semua kesana sebagai bentuk dukungan kita sebagai anak bangsa, bahwa kita mampu mengadakan pertunjukan perlombaan otomotif kelas dunia,” ucap Bambang Soesatyo.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, penyelenggarakan brand gathering hari ini untuk menggalang dukungan bagi penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023.

"Sebagai promotor event, MGPA memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan ajang balap bergengsi ini. Kami bersinergi dengan Dyandra&co. untuk menyuguhkan rangkaian MotoGP menjadi sebuah atraksi yang menarik, bukan hanya aspek race namun juga non-race, yang akan memberikan multiplier effect bagi berbagai pihak,” tuturnya.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia selaku pengembang KEK Mandalika menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung penyelenggaraan event MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan pihaknya berkomitmen ini kami berikan untuk memperkuat ikon The Mandalika sebagai sport tourism di NTB.

"Penyelenggaraan MotoGP di KEK Mandalika membawa peluang besar bagi NTB dan juga bangsa Indonesia untuk membuktikan kesiapan sebagai tuan rumah event balap motor internasional yang bergengsi dan spektakuler,” jelasnya.

Untuk mendukung kesiapan kawasan The Mandalika menyambut penyelenggaraan MotoGP 2023, ITDC telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan seperti; Akses Jalan dan infrastruktur lainnya, Bazaar The Mandalika yang menjadi area Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), traffic management hingga transportasi kawasan.

Sementara sebagai co-promotor, Dyandra & Co. Daswar Marpaun siap untuk menghadirkan beragam side event yang menarik, antara lain program Mandalika Beats yakni konser musik dari artis internasional. Ada juga program acara lain seperti Bikers Lot untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung dan penggemar otomotif.

“Kami menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa dalam destinasi ini. Dampak positif yang dihasilkan oleh MotoGP tidak terbatas pada satu sektor saja, tetapi berbagai industri yang berdampak langsung pada perekonomian lokal," tuturnya.

Selain itu, ada juga elemen hiburan dan kenyamanan dalam sebuah event balap. Oleh karena itu, mereka akan mengelola acara pendukung tambahan di sekitar arena balap, seperti test ride area, entertainmentstage dan food & beverages area.

MGPA berharap ajang kedua IndonesianGP 2023 ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak sehingga Mandalika terus menjadi perhatian dunia motorsport internasional.

"Mari jadikan IndonesianGP sebagai event kebanggaan Indonesia, yang akan memperkenalkan pariwisata Indonesia secara lebih luas kepada dunia," tutup Priandhi.

TERKINI
Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Intip Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Layak Menjadi Inspirasi