Ini Kiat Sukses Mufti Muis Karim di Asia Cross Country Rally 2023 dan Berhasil Juara 2 Kelas Moto

Sabtu, 26/08/2023 13:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ajang rally bergengsi di Asia bernama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 kelar digelar selama sepekan (13-19/08/2023).

Diakui, tak mudah bisa tuntas mengikutinya. Sejak start di Pattaya, Thailand hingga finish di Pakse, Laos cukup banyak rintangan dihadang.

Seperti perjuangan pembalap dari Pertamina Enduro Rally Team atas nama Mufti Muis Karim yang berhasil meraih Juara 2.

Padahal dalam kejuaraan berjarak tempuh 2000 km dengan medan yang cukup berat untuk rally jarak jauh cukup banyak tantangan dihadapi.

Apa yang dilakukannya?

"Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dalam ajang rally tentunya kita harus menyiapkan segala sesuatunya semaksimal mungkin. Mulai dari persiapan kendaraan, persiapan fisik, kemampuan dan strategi membaca peta tulip hingga kesigapan dalam kondisi emergency jika terjadi kendala atau kerusakan kendaraan," ungkap Mufti MK.

Pengalaman mengikuti event rally tahun-tahun sebelumnya dijadikan acuan untuk perbaikan dalam reli kali ini dan itu terbukti bisa mendapatkan hasil cukup baik dengan finish pada posisi kedua.

Sementara AXCR tahun sebelumnya pada posisi kelima. Kuncinya, setiap etape harus finish.

Apa kiatnya?

"Pilihlah motor yang nyaman untuk jarak jauh dan medan berat, kapasitas tanki BBM setidaknya bisa untuk jarak 200 km dan pilihannya saya menggunakan Honda CRF 250 Rally," ujarnya.

Motor yang sama juga digunakan Habib Fadhlurrohman teman satu tim dengan Mufti MK.

Alasannya, Honda CRF 250 Rally powernya tidak terlalu besar namun cukup baik untuk dibawa jarak jauh.

"Sebab power motor bukan satu-satunya yang menentukan dalam ajang reli ketahanan," beber Mufti MK yang pada AXCR 2019 menggunakan KTM 450 EXCF Sixdays.

Lalu, upgrade suspensi depan dan belakang wajib dilakukan karena jalur yang dilalui adalah medan offroad yang kasar.

"Jadi sesuaikan dengan berat badan pengendara. Engine dibiarkan standar untuk menjaga durabilitas kendaraan," terangnya.

Pastikan ban kendaraan menggunakan type offroad.

"Pilihlah kompon yang agak keras agar tidak cepat habis dan bisa digunakan sampai finish. Untuk mengurangi resiko kebocoran ban, roda  depan memakai type Mousse, sejenis busa atau ban mati. Sedangkan roda belakang menggunakan tubeless," urai Mufti MK.

Bedanya, pada AXCR 2022 Mufti menggunakan mousse pada ban belakang tapi hanya bisa digunakan 1000 km.

Setelah diperiksa, ternyata moussenya hancur menjadi tepung. Selain itu latihan fisik, kemampuan membaca peta tulip perlu dipertajam, penandaan dan pewarnaan pada kertas roadbook.

"Itu dilakukan untuk memudahkan membaca peta saat lomba dengan kecepatan tinggi karena  untuk kelas sepeda motor pembalap mengendarai kendaraan sambil membaca peta. Berbeda dengan kelas mobil, untuk membaca peta dilakukan oleh navigator," ulas pria asal Pasaman, Sumatra Barat ini.

Meski motor rally dilengkapi alat navigasi. Namun pembalap harus tahu detail instalasi kelistrikan alat navigasi road book maupun trip meter agar jika terjadi kendala bisa diatasi sendiri dengan waktu yang tidak terlalu lama.

"Penempatan toolkit dan spare part perlu diatur pada kendaraan, sebaiknya tidak dalam tas karena akan terasa berat jika dibawa dalam jangka waktu yang lama," sebut Mufti MK.

Yaps! Yang tak kalah penting yaitu dokumen wajib untuk balap lintas negara. Mulai dari ATA Carnet, surat kendaraan, SIM Internasional dan paspor.

"ATA Carnet itu paspor untuk kendaraan dan sparepart. Pengurusan dokumen di kantor KADIN," ungkap Habib.

Sedangkan Surat kendaraan seperti STNK dan BPKB dicek dan diverifikasi staff Bea Cukai sebelum dikirim ke luar negeri via kapal.

"SIM Internasional wajib karena selama balap ada beberapa momen pembalap masuk jalan raya," tambah Habib.

Nah, dengan persiapan yang matang tentunya akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Diharapkan kompetisi tahun berikutnya, bakal banyak pereli motor Tanah Air yang ikut bermain di event Internasional. (BangVe)
 


 

TERKINI
Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024 Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo