F1 2023: Lewis Hamilton Setujui Perpanjang Kontrak di Mercedes, Minta Gaji Rp 800 Milliar per Tahun

Kamis, 31/08/2023 21:11 WIB

mobilinanews (Inggris) - Akhirnya Lewis Hamilton dan Mercedes sepakat teruskan kontrak. Hanya dua tahun, 2024 dan 2025. Bukan 5 tahun seperti permintaan Hamilton. Tapi, soal gaji, driver Inggris itu dapat sesuai asa.

Dua masalah itu, soal durasi dan nilai kontrak, ditengarai sebagai aspek yang selama ini mempersulit negoisasi meski kedua pihak sepakat untuk tetap bersama.

Untuk kontrak baru ini Hamilton dilaporkan menerima fee 50 juta Euro per musim atau lebih dari Rp 800 Milyar. Itu membuatnya setara dengan gaji Max Verstappen di skuad Red Bull Ring.

“Setiap hari kami bermimpi untuk menjadi yang terbaik dan kami telah mendedikasikan satu dekade terakhir bersama-sama untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Hamilton yang memulai karir F1-nya pada tahun 2007 (dengan gelar juara dunia 2008) dan gabung Mercedes sejak 2013 dengan 6 gelar tambahan.

“Berada di puncak tidak terjadi dalam semalam atau dalam waktu singkat. Dibutuhkan komitmen, kerja keras, dan dedikasi Merupakan suatu kehormatan untuk berhasil mencatatkan sejarah bersama tim yang luar biasa ini."

Meraih 7 gelar F1 (rekor bersama Michael Schumacher), Hamilton gagal mencetak rekor 8 gelar juara dunia dengan kekalahan dramatis dan penuh kontroversi di seri pamungkas 2021, GP Abu Dhabi.

Verstappen cetak gelar perdansnya dibseri itu lewat keputusan kontroversial para pengadil F1 dengan restart head to head di lap terakhir, dimana Verstappen sudah ganti ban baru soft sedangkan Hamilton masih pakai ban hard

Sejak awal musim 2022 sampai sekarang Hamilton belum pernah menang lagi. W13 dan 14 pasokan Mercedes kalah bersaing dengan RB18 dan 19 besutan Verstappen.

Meski begitu mentalitas juara pembalap Inggris itu tak pernah kendur. Di paro kedua kompetisi 2023 ini, misalnya, Hamilton sudah arahkan Mercedes untuk fokus mempersiapkan mobil ke musim 2024.

Ada keyakinan ia dan tim bisa bangkit, menang dan menjadi juara dunia lagi dengan rekor 8 gelar.

“Kami selalu lapar untuk menang. Kami telah belajar dari setiap kesuksesan dan juga setiap kemunduran. Kami terus mengejar impian, terus berjuang apapun tantangannya dan kami akan menang lagi. Tak akan berhenti sampai kami meraihnya," tandasnya.

Team Principal Mercedes Toto Wolff mengaku lega sudah teken kontrak perpanjangan.

 “Kemitraan kami dengan Lewis adalah salah satu yang paling sukses dalam sejarah olahraga ini. Kami akan terus melanjutkannya. Kualitasnya sebagai pembalap murni tergambar dari rekam jejaknya yang luar biasa. Selama bertahun-tahun kami bersama, ia telah tumbuh menjadi pilar dan pemimpin tim kami. Kualitas kepemimpinan tersebut sangat penting saat kami fokus untuk kembali memperjuangkan kejuaraan dunia," komentar Wolff.

Sebagai bintang global terbesar di F1, lanjut Wolff, Hamilton juga memainkan peran penting membentuk komitmen Mercedes terhadap keberagaman, inklusi, dan keberlanjutan.

Itu isu sosial yang acap diangkat Hamilton ke permukaan dengan memanfaatkan pengaruh dan nama besarnya.

Musim ini Hamilton tak masuk jakur perebutan gelar 2023. W14-nya tak kompetitif di tengah dominasi Red Bull yang memborong semua seri tahun ini.

Target realistis Hamilton hanya membawa Mercedes ke status runner up kejuaraan konstruktor 2023, bersaing dengan Aston Martin, Ferrari dan McLaren. (rn)

 

TERKINI
Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024 Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo