MotoGP 2023 India: Marc Marquez Dikabarkan Hengkang ke Gresini Ducati, Selambatnya Diumumkan di GP Jepang

Sabtu, 23/09/2023 01:18 WIB

mobilinanews (India) - Dua joki tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Joan Mir, lolos otomatis ke sesi Q2 GP India pada Sabtu (23/9/2023). Sebuah hasil positif dibandingkan seri balap sebelumnya.

Positif karena hasil seperti itu jarang mereka raih musim ini. Marquez, misalnya, kali ini terkesan mudah meraih posisi tercepat keempat di sesi Practice yang menentukan siapa yang masuk kualifikasi Q1 dan yang lolos langsung ke Q2.

Hasil itu membuktikan adaptasinya yang cepat di lintasan Sirkuit Buddh yang baru kali ini menghelat MotoGP.

Ia hanya butuh beberapa lap untuk pengenalan medan. Finish P4 di bawah Luca Marini (VR46 Ducati), Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Aleix Espargaro (Aprilia) membuat Marquez langsung lolos ke sesi Q2.

Rekan setimnya, Mir yang juara dunia 2020, juga lolos ke Q2 berkat finish P10. Meski hanya P10, tapi layak disambut ceria karena inilah kali pertama ia langsung lolos ke Q2 sepanjang musim ini dengan tunggangan RC213V.

Belum jelas faktor apa yang membuat keduanya sukses menembus grup 10 Besar. Apakah karena karakter sirkuit baru atau pengembangan teknis RC213V yang membaik?

Tapi, apa pun itu, sepertinya Marquez tak ambil pusing. Sebab, kabar terbaru menyebut ia sudah ambil keputusan untuk pergi dari Honda dan mendarat di skuad Gresini Ducati pada musim 2024.

Artinya, ia memutus kontrak di tengah jalan karena Honda sudah mengikatnya hingga akhir 2024.

Sky Italia adalah media yang bikin gempar paddock GP India dengan berita bahwa Marquez sudah putuskan memilih pindah ke Gresini dan bergabung dengan adiknya, Alex Marquez, yang sudah lebih dulu ke tim satelit Ducati itu.

Selama ini, ia memang dikaitkan dengan Gresini karena sudah lelah dengan merosotnya performa RC213V.

Marquez sendiri menegaskan keputusannya pindah atau bertahan di Honda akan diumumkan pada GP India ini atau seri Jepang depan.

Lebih lanjut Sky Italia menyebut tinggal satu langkah krusial yang harus ditempuh Marquez, yakni memperoleh kesepakatan pisah lebih awal dari Honda.

Akan ada kerumitan jika Honda mempermasalahkan sisa kontrak meski sebelumnya menyatakan tak ingin menghalangi Marquez pergi jika itu yang ia inginkan.

Sejauh ini klaim itu dianggap sebatas isu semata lantaran belum ada klarifikasi resmi dari MM93 sendiri, dari Honda maupun Gresini.

Media Spanyol DAZN juga menyebut potensi perpisahan Marquez dengan Honda sangat besar.

Tak lain, katanya, karena Marquez tak lagi percaya pada proyek pengembangan Honda setelah menguji prototype RC213V 2024 di Misano lalu.

"Kalaupun ia bertahan di Honda, tak lain karena ia tak lagi punya pilihan lain," sebut media itu.

Setelah gagal ke KTM, kini kesempatan Marquez untuk tampil lebih kompetitif pada musim 2024 tinggal di Gresini.

Benarkah kesempatan tunggal itu sudah diambil Marquez seperti isu yang dihembuskan Sky Italia? (rn)

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!