Dipilih Mewakili Indonesia ke Ajang APMC 2023 di Malaysia, Pegokart Dominic Setiawan Merasa Bangga dan Prestise

Kamis, 28/09/2023 14:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Setelah diterima Ketum IMI Pusat Bamsoet, dengan didampingi Ananda Mikola (Waketum Olahraga Mobil IMI Pusat), kontingen Indonesia berangkat ke Asia Pacific Motorsport Championship (APMC) 2023 ke Malaysia.

Indonesia mengirimkan 11 pembalap dari berbagai cabang olahraga motorsport. Salah satunya adalah karting (gokart), dengan Dominic Brayden Benedict Setiawan (12 tahun).

Bersama Sebastian Kennard, Dom - panggilan singkatnya - akan turun di kelas Junior pada APMC yang baru pertama kali diselenggarakan oleh FIA, berlangsung di Sepang International Circuit Sepang, 30 September - 1 Oktober 2023 akhir pekan ini.

APMC diikuti ratusan pembalap dari puluhan negara di kawasan Asa Pasifik yang akan bertanding pada cabang motorsport yaitu Rally Trial, Auto Gymkhana, Karting Slalom, e-Sport dan Karting Cup.

Bagaimana ceritanya Domi yang memang telah memiliki jam terbang lumayan banyak mengikuti "Olimpiade Motorsport Asia Pacific" ini di kelas Junior?

"Ada dua versi nih. Dom kepilih di kategori junior, karena salah satu pegokart yang terpilih (awalnya) Kimi Rae + Kennard. Tapi katanya Kimi lebih fokus untuk balap Rok Super Final di South Garda Italia, karena dia juara umum di indonesia," ungkap Sendy Setiawan, ayahanda Dom yang seorang pembalap mobil senior dan pengusaha muda nan sukses. 

Versi kedua, lanjut Sendy, awalnya Dom dinominasikan di kelas Mini. Tapi karena 2 dari 7 anggota Komisi Karting IMI Pusat menolak (5 setuju) sehingga solusinya Dom ditawari untuk di Junior.

Pertimbangan lainnya, Dom yang merupakan pelajar Sekolah HighScope Kelapa Gading Jakarta Utara ini telah beberapa kali naik podium di Eshark Rok Cup 2023, dan juga naik podium di level regional Asia Tenggara.  

"Menurut saya pribadi, jadinya bagus sih. Karena memang musim depan, Dom sudah balap di Junior. Jadi balap kali ini di APMC itung-itung cari pengalaman balap di Junior dengan lawan-lawan yang “super”," senyum Sendy. 

Menariknya lagi, bisa dmewakili IMI dan Indonesia di event APMC kali ini bukan karena bayar, tapi karena dipilih oleh ASN (IMI) negara masing-masing berdasarkan prestasi terbaik pembalap bersangkutan.

Karena dipilih berdasarkan prestasi, bukan bisa balap karena kekuatan uang, tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri serta prestise bagi pembalap yang terpilih.

Selamat berjuang Dom, dan para pembalap Indonesia lainnya, kami di Indonesia mendoakan untuk sukses kalian semua. (bs)

TERKINI
Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024 Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo