Indonesia Diecast Expo 2023, Hadirkan Konsep Baru Untuk Pecinta Miniatur di Tanah Air

Kamis, 12/10/2023 13:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indonesia Diecast Expo (IDE) 2023 akan kembali berlangsung di Indonesia Convention Expo (ICE) BSD, Tangerang, 28-29 Oktober 2023. Pameran IDE ke-10 ini akan semakin besar menilik dari capaian Rp5 miliar pada helatan tahun 2022.

Sebagai pameran yang fokus pada diecast, IDE telah menjadi baromoter yang menarik banyak pelaku pasar, pengkolektor serta komunitas mainan miniatur di Indonesia.

Pameran ini kemudian mendapatkan apresiasi dari Asosiasi Importir & Distributor Mainan Indonesia (AIMI). Apalagi potensi besar yang dimilikinya. Dan IDE menjadi sarana untuk pertumbuhan industri mainan di Indonesia.

Untuk memudahkan pengunjung yang ingin datang ke pameran tersebut, mereka bisa melakukan pemesanan tiket terlebih dahulu melalui e-commerce Tokopedia dengan harga Rp50 ribu. Nantinya calon pengunjung akan mendapatkan e-tiket yang bisa digunakan untuk masuk ke area pameran.

Selain itu, bagi 2.500 pengunjung pertama Indonesia Diecast Expo 2023 setiap harinya bisa mendapatkan diecast Hot Wheels yang akan diberikan secara cuma-cuma.

“Sejauh ini, Indonesia Diecast Expo tidak hanya berhasil menjadi sebagai sarana pertemuan bagi pecinta mainan minatur tersebut. Event ini juga sukses menjadi salah satu pameran diecast terbesar dan terlengkap di dunia lewat beberapa suguhan menariknya,” ujar Ketua Penyelenggara Indonesia Diecast Expo 2023, Arya Lembana di Jakarta.

Sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia Diecast Expo terhadap perkembangan industri mainan di Indonesia ditengah dominasi merek-merek luar negeri maka pada penyelengaraan tahun ini terdapat 2 merek lokal yang diharapkan lebih dikenal oleh publik yaitu RollSpeed dan SHP Toys.

Konten di IDE 2023

Dengan adanya kehadiran Indonesia Diecast Expo, meskipun saat ini persentase market share industri mainan antara produk lokal dan import masih di kisaran 30 persen dan 70 persen, namun saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha yang membuka jaringan produksi lokal serta ditambah adanya investor di ranah tersebut.

Adapun aktivitas spesial yang nantinya akan dihadirkan di IDE 2023 antara lain acara Hot Wheels yang mempersembahkan Special IDE X Event Car yang berkolaborasi dengan Mattel dan Hot Wheels, launching New Exclusive Hot Wheels Promo Car serta showcase dari mobil pemenang Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023.

Ada juga Siku, Kidz Station & Lego yang memberikan diskon hingga 70% dan spesial Gift With Purchase dan MINI GT yang menyajikan Special Event Car yang secara eksklusif hanya dapat dibeli di IDE X.

Salah satu suguhan berbeda dari gelaran Indonesia Diecast Expo adalah hadirnya Galeri Diorama, di mana area ini merupakan area khusus yang menampilkan ragam diorama khas Indonesia. Ada juga komunitas Aeromodeling dan Tamiya race sebagai bagian hobi dan sport yang dapat menjadi literasi bagi pengunjung.

Adapun salah satu aktivitas yang sayang dilewatkan adalah bazaar diecast di mana akan ada discount yang sangat menarik hampir disemua tenan termasuk via online di Tokopedia.

Rangkaian aktivitas yang akan dihadirkan ini tidak hanya sebatas itu, namun, penyelenggara juga turut menghadirkan kompetisi untuk penghobi dan pecinta diecast di Indonesia. Nantinya akan ada tiga kompetisi yang bakal digelar, mulai dari mengcustomize diecast, kompetisi reels video, serta Hot Wheels diecast race competition.

Berikut kompetisi yang akan dihadirkan pada Indonesia Diecast Expo 2023:

- Diton Diecast Costum Competition yang disupport oleh cat semprot Diton sebagai wadah kreatifitas para customizer diecast.
- Hot Wheels IG Reels Competition yang menarik bagi para penggemar videografi dan diecast.
- Hot Wheels Race Competition ialah balap diecast Hot Wheels dengan track sepanjang 15 meter yang menantang bagi pecinta balap diecast.(erwin)

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Kota Sabang Aceh, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan