Alasan Astra Honda Motor Baru Jual Motor Listrik di Indonesia yang Didominasi Produk China

Senin, 16/10/2023 15:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan motor listrik Honda EM1 e: untuk Indonesia. Meski sudah bisa dilakukan pemesanan, motor listrik berbasis baterai itu belum memiliki harga resmi.

Menengok laman resmi AHM, Honda EM1 e: dibanderol dengan kisaran harga antara Rp40-45 juta. Itu berarti belum ada harga resmi yang ditetapkan oleh pabrikan berlogo sayap terkepak itu.

Honda diketahui menjadi satu-satunya produsen asal Jepang yang telah menjual motor listrik di Indonesia. Sementara pasar motor listrik Tanah Air saat ini dinominasi oleh pabrikan China.

Menanggapi itu, Honda punya alasannya sendiri. Dalam perjalanan sebenarnya Honda telah memiliki motor listrik sejak lama. Namun baru dipasarkan di Indonesia saat ini.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin menegaskan bahwa Honda telah lama memperkenalkan motor listrik. Hanya saja baru siap memasarkan kendaraan teknologi baru itu tahun ini.

“Gak baru sekarang, sudah lama Honda keluarin motor listrik. Memang (tidak dijual), sudah lama Honda keluarin motor listrik. Kalau kita bicara motor EV, memang belum kita pasarkan, memang baru sekarang kita pasarin motor listrik itu,” jelas Muhib di Jakarta.

Muhib menegaskan Honda tidak telat dalam memarkan motor listrik di Indonesia, karena pabrikan China sudah lebih dulu terjun ke segmen tersebut. Menurutnya, ada banyak faktor yang dipertimbangkan oleh Honda sebelum benar-benar menjual motor listrik.

“Kalau terlambat sih tidak ya, karena memang kita sudah rencanakan. Ini bagian dari upaya panjang AHM untuk ke motor listrik. Jadi sudah mempertimbangkan banyak hal bahwa ada faktor subsidi dari pemerintah yang akan menjadi sebuah faktor pertumbuhan marketnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Honda memiliki road map untuk motor listrik sampai dengan 2030, yang akan memperkenalkan sejumlah model.

Beberapa di antaranya akan dipasarkan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan konsumen. (erwin)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!