MotoGP 2023: Casey Stoner Sarankan Honda Ambil Pembalap Moto2 Asal Spanyol Ini Gantikan Marc Marquez

Kamis, 02/11/2023 21:49 WIB

mobilinanews (Spanyol) -  Kursi yang ditinggalkan Marc Marquez di Repsol Honda belum terisi, satu-satunya yang masih lowong untuk musim 2024. Casey Stoner, eks pembalap Ducati dan Repsol Honda, punya alasan menyodorkan joki dari Moto2.

Tim elit MotoGP itu gagal mendapuk pembalap berpengalaman yang diinginkan seperti Johann Zarco, Maverick Vinales dan Miguel Oliveira.

Akhitnya kandidat tersisa hanyalah Fabio Di Giannantonio meski baru dua musim di MotoGP. Kabarnya soal Giannantonio diputuskan pada GP Malaysia pekan depan.

Stoner, juara dunia MotoGP 2007 (Ducati)  dan 2011 (Honda) baru-baru ini menyarankan agar Honda mencari pengganti Marquez dari Moto2.

“Semua orang suka berbicara tentang pengalaman, tapi seringkali hal itu menjadi beban,” kata Stoner kepada TNT Sports.

"Ketika Anda memiliki seseorang yang muda, cepat, lapar prestasi, bersedia melakukan apa pun, saya pikir itulah pilihan yang harus mereka ambil. Anda tidak memerlukan pemimpin tim jika pemimpinnya bukan yang tepat," lanjutnya.

Entah kebetulan atau memang Honda mendengarkan kata Stoner, kini muncul laporan kalau remaja Spanyol berusia 18 tahun, Fermin Aldeguer, tengah berproses untuk mendampingi Joan Mir di skuad Repsol Honda untuk dua musim 2024/2025. 

Aldeguar selama 3 tahun terakhir berkompetisi di Moto2 bersama tim Speed Up. Saat ini ia berada di peringkat 6 klasemen sementara 2023. Ia disebut-sebut telah menerima tawaran langsung dari HRC (Honda Racing Corporation).

"Saya sudah mengkonfirmasi informasi ini. Saya tahu Honda ingin pembalap Moto2 dan Aldeguer sudah mendapat tawaran," kata jurnalis media Spanyol DAZN, Ricard Jove, tanpa menyebut sumber info yang dimilikinya.

Yang jelas, Team Principal Repsol Honda Alberto Puig belum pernah menyinggung nama Aldeguer.

Namun ia tak menyanggah jika pihaknya juga sempat berpikir mempromosikan rider Moto2 ke kelas utama seperti dilakukan terhadap dua bersaudara Marc dan Alex Marquez.

Jika klaim DAZN itu benar maka kini ada dua nama yang disebut-sebut kandidat rider Repsol Honda berikutnya. Siapa yang terpilih bisa jadi diketahui pada seri Malaysia nanti. (rn)

 

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!