Mengenal Truk Pikap Listrik Toyota Berbasis Hilux Yang Diujicoba di Thailand, Ini Keunggulannya

Senin, 06/11/2023 01:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota, yang saat ini menguasai 34% pangsa pasar penjualan mobil baru di Thailand, sedang bersiap untuk melakukan uji coba truk pikap listrik di negara tersebut.

Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap diperkenalkannya beberapa kendaraan listrik baru oleh produsen mobil Tiongkok, yang menandakan respons strategis Toyota terhadap tren pasar yang sedang berkembang.

Sekitar setengah dari seluruh kendaraan yang terjual di Thailand pada tahun 2022 adalah truk pikap. Jadi jelas masih ada potensi besar yang belum dimanfaatkan dalam dunia pikap listrik.

mengutip Reuters, Wakil Presiden Eksekutif Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing, Pras Ganesh, mengonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan pengembangan pada pikap listrik lokal. Dia menambahkan bahwa Toyota sedang membangun kapasitas penelitian dan pengembangan kendaraan listriknya di seluruh negeri.

Sebelas bulan lalu, Toyota telah meluncurkan konsep truk pikap serba listrik yang berbasis Hilux. Peluncurannya dilakukan di Thailand dan kendaraan inilah yang diperkirakan akan segera diluncurkan.

Ganesh mengatakan Toyota akan menguji armada kecil pikap listriknya di kota Pattaya mulai awal tahun 2024, di mana mereka akan menggunakannya sebagai taksi dengan kursi yang dipsang di bagian tempat tidur atau sebagaimana orang Thailand menyebutnya `songthaews`

Firma riset MarkLines mengatakan kepada Reuters bahwa Toyota menguasai 39% pangsa pasar truk pickup satu ton di Thailand selama sembilan bulan pertama tahun ini.

Meskipun pikap listrik belum mulai menjangkau pasar lokal, sejumlah besar kendaraan listrik baru yang menarik dari Tiongkok telah hadir, termasuk penawaran seperti Atto 3, Dolphin, dan Seal dari BYD serta Ora Good Cat dari Great Wall Motor.

Kendaraan berbahan bakar baterai diperkirakan menyumbang kurang dari 9% dari total penjualan mobil baru di Thailand tahun ini.

Ganesh menambahkan bahwa Toyota juga sedang mempertimbangkan untuk mulai menguji pikap EV lain yang dapat digunakan oleh layanan pengiriman jarak jauh.(erwin)

TERKINI
Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Intip Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Layak Menjadi Inspirasi