F1 2023 Brasil: Keasyikan Nonton Duel Fernando Alonso VS Sergio Perez Saat Race, Eh, Verstappen Nyaris Celaka!

Senin, 06/11/2023 22:08 WIB

mobilinanews (Brasil) - Duel sengit dan apik Fernando Alonso (Aston Martin) versus Sergio Perez (RBR) memperebutkan podium ketiga di GP Brasil masih jadi buah bibir. Banyak pihak menyebut ini duel terbaik F1 musim 2023.

Meski sudah berusia 42 tahun dan menjadi pembalap tertua di grid F1 saat ini, Alonso masih agresif dan punya skill sama saat ia menjadi juara dunia F1 pada 2005 dan 2006.

Ia bisa melawan dan mengalahkan Perez di atas RB19 yang secara teknis lebih kencang dari AMR23 yang dipiloti Alonso.

"Ia genius memanfaatkan racing line yang berbeda-beda. Kegeniusan itu yang jadi kunci suksesnya," komentar Team Principal Aston Martin Mike Crack.

Pujian sama dilontarkan sejumlah media.

Ya,  duel panjang dan saling salip Alonso - Perez mencapai puncaknya di tikungan dan lap terakhir, dimana keduanya lakukan sprint sejajar dengan kecepatan 340 km/jam ke garis finish. Hasilnya, Alonso sampai lebih dulu dengan selisih 0,053 detik. Marjin finish terketat sejauh ini di F1 2023.

Alonso mengakui saat berada di depan ia acap berpindah racing line untuk bertahan dari gempuran Perez yang juga agresif.

"Sedikit ganti-ganti jalur untuk membuat turbulensi (putaran angin) ke moncong mobil lawan. Saya pikir strategi itu berhasil," aku Alonso, membuat predikat genius layak disematkan kepadanya.

Perez sendiri mengakui kelas dan pengalaman Alonso yang membuat perbedaan. Dan, ia puas punya pengalaman seperti itu.

"Kami layak menjadi tauladan para pembalap. Duel kami berlangsung bersih dan fair. Begitulah seharusnya kompetisi berjalan," kata Perez yang kemudian harus puas finish ke-4 di belakang Max  Verstappen (RBR), Lando Norris (McLaren) dan Alonso.

Verstappen yang juara untuk keli ke-17 musim ini pun mengaku terpesona oleh Alonso sebagai sahabat dan Perez sebagai rekan satu timnya.

Juara dunia 2021, 2022, 2023 ini unggul jauh di depan dan karena itu ia sempat menonton jalannya duel Alonso - Perez lewat layar lebar di beberapa sudut sirkuit Interlagos. Ia pun terpesona.

"Duel itu sangat menarik. Saya nyaris celaka di Tikungan 4, hampir keluar trek gara-gara kebanyakan nonton lewat big screen," ucap Verstappen yang pernah mengatakan suatu saat nanti ingin satu tim dengan Alonso di seri balap ketahanan.

Ya, selain F1,  Alonso memang jawara juga di ajang laga endurance macam LeMans, seri balap IndyCar, dan bahkan ajang petualangan panjang Rally Dakar. (rn)

 

TERKINI
The Elite Showcase 2024 Hadirkan Pengalaman Otomotif yang Tidak Terlupakan dengan Tenant Terkemuka dan Brand Prestisius Program Cari Aman Berkendara Motor: Tengok Belakang Sebelum Nge-gas Sumatera Dirt Bike 2024 Bakal Disuguhi Lintasa Ekstrem dan View Eksotik di Danau Toba 5 Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas, Yuk Simak!