Bos Ducati Sebut Marquez Berpeluang Berebut Gelar 2024, Begini Analisanya

Rabu, 08/11/2023 01:21 WIB

mobilinanews (Italia) - Luigi `Gigi` Dall`Igna, figur di belakang sukses serial Ducati Desmosedici GP, yakin Marc Marquez bisa ikut berebut gelar tahun depan meski berada di tim satelit Gresini Ducati.

"Itu sangat tergantung pada dirinya sendiri. Kami tak akan memberinya motor yang bisa jadi masalah," kata Gigi dalam wawancara khusus dengan mitorcyclesports.

Ketergantungan itu pada faktor seberapa cepat Marquez beradaptasi dengan Ducati, mengingat seluruh karirnya di MotoGP sejak 2013 dihabiskan bersama Honda RC213V. Jika juara 6 kali di MotoGP itu lekas menguasai karakter Ducati dan merasa nyaman di atasnya maka MM93 bisa ikut bersaing dalam jalur perebutan gelar musim 2024.

Tentu saja itu juga bergantung kepada nasib Marquez, dalam arti berada dalam kondisi fisik yang mumpuni. Tidak mengalami kecelakaan dan cidera serius, misalnya.

Gigi tak berlebihan. Selain tim pabrikan, Ducati punya 3 tim satelit dengan spek motor berbeda namun semua berpotensi laju di zona podium. Tim itu adalah Pramac yang dapat jatah motor spek pabrikan terbaru, serta VR46 dan Gresini dengan tunggangan motor yang lebih tua setahun.

Gigi pastikan Ducati tak akan memasok motor asal-asalan buat tim satelitnya. Jika rider-nya bisa beradaptasi, ada jalan masuk jalur perebutan gelar.

Itu diperlihatkan Enea Bastianiani saat di Gresini pada 2022, dengan besutan Desmosedici GP21 namun bisa mengimbangi Francesco Bagnaia di skuad pabrikan dengan motor spek 2022. Begitu pun dengan Marco Bezzecchi (VR46) yang sampai saat ini secara matematika masih bertarung dalan perebutan gelar 2023 meski ia berbekal Desmosedici GP22.

"Saya yakin Marc bisa seperti mereka. Itu tadi, sangat bergabtung pada dirinya sendiri."

Tahun depan Marquez dipastikan mendapat  Desmosedici GP23 yang saat ini dipakai Bagnaia dan Jorge Martin dalam duel perebutan gelar. Hanya saja Gigi belum memastikan GP23 versi mana yang akan diberikan buat Marquez. Apakah versi pengembangan terbaru atau versi sebelumnya.

"Akan ada evaluasi khusus untuk hal itu," imbuh Gigi, mantan teknisi Aprilia yang menjadi otak pengembangan serial Desmosedici GP di Ducati Corse.

Ia mengakui kedatangan Marquez di Ducati akan memerlukan perhatian dan tantangan tersendiri, terlebih karena Ducati akan diisi oleh para juara dengan kemampuan dan kepribadian yang kuat. Kehadiran Marquez bisa saja menambah masalah mengingat prestasi hebat yang sudah ia miliki.

"Tapi, itu jenis pekerjaan yang sudah kami ketahui harus bagaimana menyelesaikannya." (rn)

 

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!