Julian Johan Berikan Tips Hindari Penipuan saat Transaksi Suku Cadang Mobil via Toko Online

Rabu, 22/11/2023 11:41 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tren pembelian komponen otomotif secara online terus meningkat, didorong oleh kepraktisan dan kemudahan berbelanja daring.

Namun, kenaikan ini tidak lepas dari risiko penipuan yang masih sering terjadi, merugikan konsumen dengan barang palsu atau pesanan yang tidak sesuai.

Julian Johan, pembalap dan penggiat otomotif Indonesia, memberikan tips untuk menghindari penipuan saat berbelanja online.

"Ketika mencari barang, pastikan sesuai dengan ekspektasi kita. Misalnya, untuk filter udara, kita perlu mencari toko yang menjual barang asli," ujar Julian Johan.

Meskipun sudah melakukan beberapa antisipasi, kemungkinan menemukan barang palsu tetap ada.

Oleh karena itu, beberapa langkah pencegahan dianjurkan, seperti mencari toko yang jelas, menentukan nomor parts yang sesuai kebutuhan, memilih toko yang kredibel, dan memilih penjual dengan rating baik.

"Konsumen sebaiknya memastikan identitas komponen, mulai dari foto hingga deskripsi barang," tambah Julian Johan.

Tren pembelian otomotif secara daring juga mencatat pertumbuhan signifikan, terutama di Lazada Indonesia.

Canggih Satriatama, VP Automotive Category Lazada Indonesia, mengungkapkan bahwa permintaan dalam kategori otomotif meningkat tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

"Suku cadang fast moving menjadi yang paling diminati di LazOtomotif, sementara aksesori juga menjadi idola konsumen," kata Canggih Satriatama.

Lazada Indonesia merespons meningkatnya pembelian daring dengan melakukan sejumlah inovasi layanan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen.

Mereka melakukan kurasi produk untuk memberikan rasa aman kepada pembeli.

Dengan 15 kategori yang mencakup Interior, Eksterior, suku cadang, motor, pelek, ban, aksesori, hingga pelumas, Lazada memastikan konsumen dapat dengan mudah mendapatkan suku cadang, produk perawatan kendaraan, modifikasi, dan perlengkapan berkendara secara online.

"Pertumbuhan penjual UMKM di kategori otomotif mencapai dua kali lipat, yang sejalan dengan peningkatan pembeli pada kategori ini," tambah Canggih Satriatama. (karim)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!