Danau Toba Rally 2023 : H Andy Surya Santosa Berhasil Memboyong Juara Nasional Group R, Ada Peran Subhan Aksa

Rabu, 29/11/2023 01:48 WIB

mobilinanews (Simalungun) - Luar biasa H Andy Surya Santosa yang berduet dengan co-driver Nugraha "Omen" Hadinata yang berlaga di Danau Toba Rally - FIA APRC Grand Finale 2023 di Simalungun, Sumatra Utara, Jumat-Minggu (24-26/11/2023)

Mengandalkan Daihatsu Charmant bermesin 4AGE dan turun di kelas R1, pria yang karib disapa Haji Toba ini mampu menyelesaikan 11 SS (Special Stages) yang super berat di kawasan Hutan Tanaman Industri sektor Aek Nauli Kabupaten Simalungun dengan hasil membanggakan.

 "Alhamdulillah, total poin yang kami kumpulkan paling tinggi di antara perally Group R. Beda total 13 poin dengan Ronny JS asal Surabaya. Sehingga kami akhirnya berhak menyandang gelar juara nasional Group R," ungkap H. Andy Surya Santosa kepada mobilinanews.

Jika diamati seksama, ada yang berbeda dengan cara mengemudi Haji Toba kali ini. Yakni tampak lebih sat set, piawai mengambil tikungan serta makin confident melakukan berbagai manuver.

Ternyata kemajuan signifikan tersebut diperoleh dari Subhan Aksa perally kelas WRC yang melatihnya secara khusus di Malang belum lama ini.

"Iya, saya sempat dilatih Subhan Aksa di sela Kejurnas Sprint Rally seri 5 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang Malang belum lama ini. Awalnya, saya dihubungi Hade Mboi, mau gak testing mobil Lancer SL R3 sekalian latihan sama Ubang," buka H. Andy Surya Santosa.

Tidak pikir panjang lagi, Andy langsung okein. "Kapan lagi dimentori perally WRC. Saya datang ke Malang tidak mengikuti Sprint Rally, tapi khusus untuk latihan bersama Ubang."

 "Di sela latihan resmi itu, saya duduk sebagai navigator dan Ubang sebagai driver menggunakan Mitsubishi Lancer SL R3 yang sama-sama penggerak roda belakang (RWD) melahap lintasan sepanjang 5 km lebih. Saya perhatikan betul setiap gerakan yang dilakukan Ubang, cara nyetir, melibas tikungan, gaspol di trek lurus dan lain sebagainya," terang H. Andy Surya Santosa.

H Andy Surya Santosa saat menjadi navigatornya Subhan Aksa di Malang, transfer ilmu

Selain Ubang, juga Hade Mboi serta Andi Barata banyak memberi masukan kepada Haji Toba selama di Malang tersebut.

"Dimentori 3 senior di atas, sangat memberikan manfaat sebagai bekal untuk berlaga di Danau Toba Rally - APRC Grand Finale. Dan alhamdulillah, saya berhasil meraih juara 1 Group R, juara 1 kelas R1, Juara 3 Umum Non-Seeded serta juara nasional Group R Kejurnas Rally 2023 dengan perolehan point tertinggi," terang Haji Toba.

Tentu bukan pekerjaan mudah. Seperti disampaikan pengusaha pemilik Bee Logistics Transworld yang bergerak jasa pengiriman barang baik nasional dan international ini, 4 seri Kejurnas Rally tahun ini memiliki tingkat kesulitan tinggi yang berbeda.

Dari kiri : Hade Mboi, Subhan Aksa, Andi Barata dan H. Andy Surya Santosa 

"Namun dengan semangat pantang menyerah, kerjasama yang solid dengan co-driver, teamwork dengan persiapan unsur teknik, mekanik serta support dari teman-teman Gazpoll Racing Team yang dikomandani om Tomi Hadi, akhirnya berbuah manis di grand final," terang Haji Toba, eh H Andy Surya Santosa.

Pendapat senada disampaikan Omen - sapaan akrab sang co-driver Nugraha Hadinata. "Jangan pikir perjuangan kami di group R mudah, tapi sebaliknya sangat menantang. Lihat sendiri, betapa ketatnya Kejurnas Rally tahun ini. Bahkan para jagoan di kelas M1 saja juga banyak crash atau mengalami insiden di lintasan hingga banyak yang DNF (did not finish)," tutur Omen, co-driver senior yang juga seorang COC Sprint Rally dan Rally.

 Yang membuat H.Andy Surya Santosa bangga, gelar Kejurnas Rally ini diperoleh pada tahun kedua keikutsertaannya di ajang rally nasional setelah mengikuti rally perdana di Muara Bungo Jambi 2022 lalu.

"Alhamdulillah, baru tahun kedua, bisa meraih juara nasional. Sekali lagi, ini tentu bukan karena saya hebat, melainkan karena memiliki tim yang solid, co-driver yang satu frekwensi dan tentu karena izin Allah SWT," pungkas H.Andy Surya Santosa.

Congrats Haji Toba, Bung Omen dan Gazpoll Racing Team. (budsan)

 

 

TERKINI
The Elite Showcase 2024 Hadirkan Pengalaman Otomotif yang Tidak Terlupakan dengan Tenant Terkemuka dan Brand Prestisius Program Cari Aman Berkendara Motor: Tengok Belakang Sebelum Nge-gas Sumatera Dirt Bike 2024 Bakal Disuguhi Lintasa Ekstrem dan View Eksotik di Danau Toba 5 Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas, Yuk Simak!