Toto Wolff: "Mencegat Red Bull dan Max Verstappen, Mercedes Ibarat Mendaki Puncak Everest"

Sabtu, 02/12/2023 00:20 WIB

mobilinanews (Inggris) - W14 besutan tim Mercedes tak berkutik di musim 2023. Tak satu pun kemenangan. Menyambut musim 2024, Mercedes pun menyiapkan W15 dengan desain benar-benar baru.

Tak ada komponen utama dari W14 yang dibawa. Team Principal Mercedes Toto Wolff menyebut versi itu sama sekali tak kompetitif dan karena itu semua part di W15 benar-benar gres.

Sasaran utamanya adalah melawan Red Bull Racing (RBR) dan Max Verstappen yang sangat dominan tahun ini. Brand Austria itu meraih 21 kemenangan dari 22 race 2023, 19 diantaranya buat Verstappen, 2 untuk rekan setimnya - Sergio Perez, dan 1 diambil Carlos Sainz Jr (Ferrari).

"Dengan dominasi itu mereka (RBR) lebih leluasa membangun mobil ke 2024. Kami bangun W15 dengan  kemungkinan gagal atau sedikit membaik dari W14," ujar Wolff.

Musim ini Mercedes bercokol di peringkat 2 klasemen konstruktor dengan gap poin sangat jauh dari RBR, 860 versus 406 poin. Itu pun dengan susah payah diraih pasangan Lewis Hamilton dan George Russell hingga race terakhir di Abu Dhabi.

"P2 itu hanya mengingatkan bahwa kami kehilangan P1."

"Mengalahkan RBR musim depan ibarat mendaki puncak gunung Everest," ucap Wolff untuk menggambarkan betapa berat upaya yang harus dilakukan, dan kemungkinan sampai ke puncak lebih kecil dibandingkan keberhasilan.

Ia justru memperhitungkan lawan berat Mercedes musim depan adalah McLaren yang jelang akhir musim 2023 mencatatkan perkembangan yang signifikan. Tim lain yang harus diwaspadai adalah Aston Martin yang masih akan mengandalkan Fernando Alonso. Bahkan, AlphaTauri pun ia prediksi bisa jadi kuda hitam karena gunakan mesin dan pernak-pernik sama dengan RBR.

Maka Wolff pun pasrah jika musim depan masih berkutat dengan tim lain di bawah RBR. Kalaupun ada, katanya, mereka baru bisa berharap menekuk RBR pada 2025. Wah, sudah pasrah nih? Atau ada taktik tersembunyi? (rn)

 

TERKINI
Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024 Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo