MotoGP 2023 : Bantu Transisi Marc Marquez ke Ducati, Begini Kesaksian Test Rider Michele Pirro

Kamis, 07/12/2023 00:48 WIB

mobilinanews (Italia) - Tester abadi Ducati Michele Pirro rupanya dapat tugas khusus pada tes resmi Valencia lalu. Yakni mengawal dan membantu transisi awal Marc Marquez ke skuad Gresini Ducati.

Pirro yang ikut berperan mengembangkan Desmosedici GP dalam beberapa tahun terakhir, tentu saja sangat mengerti karakter motor besutan Ducati.

Karenanya ia wajar dipilih untuk mengawal debut Marquez di atas Deamosedici GP23. Sekaligus mengorek data teknis yang perlu ia bawa kepada para teknisi Ducati maupun bos Luigi Dall'Igna.

"Tapi, Marc tak menyebut keluhan apa pun soal teknis.  Saya tak heran begitu cepat ia beradaptasi dengan motor yang baru kali ini ia pakai , karena ia pemilik 6 gelar MotoGP," kata Pirro.

"Ia juga tak memberikan masukan apa-apa. Tapi, dari wajah dan kecepatan yang ia  torehkan, saya kira sudah menjawab segala sesuatunya."

Secara spesifik, Pirro mengomentari penampilan perdana Marquez di atas Ducati. Ia tercepat ke-4 dalam tes dan rider tercepat kedua dari 8 pembesut Ducati.

Rider pabrikan Italia tercepat adalah Marco Bezzecchi (VR46 Ducati) yang sama-sama menggeber Desmosedici GP23. Itu pun dengan selisih waktu sangat tipis, yakni 0,07 detik.

"Ia tampil 50 laps dengan cara menghindari resiko. Catatan waktunya sudah kompetitif," imbuh Michele yang membantu Ducati membangun motor yang lebih ramah dalam arti mudah digunakan pembalap dengan riding style berbeda.

Artinya, dalam tes itu Marquez belum mengerahkan permainan aslinya yang biasanya tak berpikir resiko untuk memahami limit kemampuan motornya.

Ia belum sepenuhnya menyerang untuk catatan waktu, namun lebih fokus pada pengenalan  dan feeling di atas motor.

"Saya bertanya tapi ia tak banyak berkomentar. Lembar isian seputar keluhan dan masukan teknis tidak ia isi. Itu tadi, ceria di wajahnya sudah jadi jawaban."

Pirro pun memastikan tak akan ada perbedaan besar antara GP23 dengan GP24 spek pabrikan yang tahun depan hanya dipakai oleh joki pabrikan Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini serta pembalap Pramac Ducati Jorge Martin dan Franco Morbidelli.

"Secara teknis tak banyak perbedaan. Yang membuat perbedaan adalah bagaimana masing-masing pembalap meng-handle-nya."

Marquez sendiri bersama rekan setim yang juga adik kandungnya, Alex Marquez, akan menggeber GP23 untuk musim 2024. Motor yang sejenis akan digunakan dua rider satelit VR46 Ducati Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio.

Kemampuan GP23 sudah teruji lewat Bagnaia dan Martin yang memperebutkan gelar 2023 hingga seri lomba terakhir.

Karena itu Pirro memprediksi Marquez adalah petarung yang layak diperhitungkan pada musim 2024 meski gunakan motor yang lebih tua setahun. (rn)

 

 

TERKINI
Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder!