Memanfaatkan Fitur Safety Adjust The Tyre Pressure Pada Line Up Segmen SUV Peugeot

Minggu, 17/12/2023 00:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tentang kenyamanan dan keselamatan, Peugeot selalu menempatkan pada hal yang utama. Salah satunya adalah dengan menyematkan fitur canggih Adjust The Tire Pressure (ATTP) pada line up SUV Peugeot.

ATTP mobil atau Adjust The Tire Pressure merupakan fitur canggih yang saat ini.

Fungsinya adalah untuk memonitor tekanan angin ban mobil. Utamanya saat kendaraan sedang berjalan.

Tekanan angin tiap ban mobil memang harus dicek secara rutin. Jika tekanannya kurang atau berlebihan, efek yang ditimbulkan sangat banyak.

"Ban kempis bikin kecepatan mobil kurang maksimal, ban cepat aus, bahan bakar boros, hingga risiko pelek ban rusak. Kelebihannya pun membuat kurang traksi hingga risiko ban pecah," jelas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Mengecek secara rutin tekanan angin ban merupakan langkah untuk keamanan berkendara.

Namun bila tekanan ban berubah secara mendadak maka fitur ATTP akan berfungsi secara otomatis.

Fitur yang andalkan sensor kecepatan ban pada sistem rem anti-lock. Fitur untuk keamanan untuk menghindari kejahatan yang berpura-pura mengatakan ban mobil kempis.

Ketika mengetahui tekanan angin ban mobil bermasalah, maka driver secara otomatis mendapatkan informasi tekanan angin ban yang ditampilkan pada layar Multi-Information Display (MID). Letaknya dekat speedometer.

Ikon ATTP biasanya disimbolkan dengan gambar ban serta menunjukkan informasi tekanan ban.

“Jika tanda ini muncul sebaiknya segera lakukan pengecekan tekanan angin larangan di bengkel terdekat. Bisa jadi ada salah satu larangan yang tekanan anginnya kurang atau berlebih. Atau ada salah satu ban yang bocor, sehingga perlu penanganan untuk menggantinya dengan ban cadangan," imbuh Samsudin.

Selanjutnya, pastikan tekanan angin ban mobil agar selalu dalam keadaan ideal. Secara umum ukuran tekanan angin ban mobil Peugeot SUV adalah 2.2 Bar, baik itu roda depan-belakang dalam kondisi tidak banyak beban.

Sedangkan pada ban serep tekanannya sesuai dengan yang tertera di dinding ban dan kecepatannya sangat dibatasi sebelum diganti ban standar.

Lalu untuk me-reset ATTP yang ikonnya masih tampil di layar MID meskipun ban sudah dicek ulang.

Langkahnya, pertama menyalakan mobil, lalu tekan logo mobil pada piano google key. Maka pada layar monitor tekan menu 'Inisialisasi Di Bawah Inflasi' dan pilih 'Ya' untuk konfirmasi. (hilary)

TERKINI
Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan Digelar, Libatkan Kategori SMK! Intip Hasil Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Jadi Inspirasi Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024, Mitsubishi Bawa `Full Support Solution` Untuk Perkuat Layanan Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo