Serunya Offroad The 6th Sarawak International di Malaysia, Diikuti 346 Offroader Dari Berbagai Negara Termasuk Indonesia

Minggu, 17/12/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Sarawak) - Sebanyak 146 kendaraan dengan 346 offroader dari berbagai negara antara lain Inggris, Jerman, Swiss, Brunei, Malaysia, dan Indonesia turut meramaikan The 6th Sarawak International 4x4 Jamboree, 23 - 26 November 2023 lalu.

Event terbesar di negeri Sarawak, Malaysia ini merupakan gelaran keenam yang diselenggarakan SAKTA 4x4 Club.

Start di kota Serian, para peserta selama 4 hari penuh diajak merasakan keindahan alam sekaligus keganasan trek hutan hujan Simunjan hingga daerah Pantu.

Berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini trek dibagi menjadi dua kategori.

"Peserta dapat memilih antara trek A yang memiliki kontur extreme melalui dataran tinggi Simunjan, atau memilih trek B yang relatif lebih ringan. Peserta trek A akan berada di dalam hutan selama 4 hari dan basecampnya pun merupakan flying camp, sedangkan peserta trek B akan lebih santai karena masih berjumpa pemukiman seperti bermalam di rumah panjang yang merupakan rumah tradisional Sarawak," Jelas Anthony Aloh yang menjabat sebagai Event Director.

Reza Hariputra offroader asal Jakarta, Indonesia yang tahun ini turut serta dengan menggunakan kendaraan Toyota Hilux dan berpasangan dengan Stiven Jimin  asal Serian, Malaysia menuturkan pengalamannya.

"Medan tahun ini cukup berat dan treknya sangat teknikal, tidak bisa hanya mengandalkan power kendaraan. Banyak kendaraan peserta yang mengalami kerusakan hingga terbalik. Teknik recovery yang baik sangat diperlukan untuk melintasi jenis trek seperti ini," ujar Reza.

Sekilas perjalanan selama 4 hari di medan offroad di trek A tidak jauh beda dengan kondisi medan offroad tanah air. Hutan gelap, lumpur dalam, sungai, cerukan V, hingga tanjakan licin mewarnai sepanjang perjalanan.

Hanya hamparan vegetasinya yang membedakan dengan kondisi medan offroad di Indonesia. Ya, hampir sepanjang perjalanan peserta ditemani kelebatan khas hutan tropis dengan jejeran pepohonan super besar dan tinggi.

6th Sarawak International 4x4 Jamboree telah berakhir dengan sukses. Hutan pun kembali hening. Hanya kenangan indahnya kebersamaan dari para peserta lintas negara yang tertinggal.

"Tahun depan event ini akan kembali digelar dan rencananya akan diselenggarakan di daerah Seri Aman. Semoga semakin banyak offroader dari Indonesia yang bergabung," terang Jirram Gima selaku Ketua SAKTA 4x4 Club.

Sampai berjumpa di The 7th Sarawak International 4x4 Jamboree 2024. (echa)

TERKINI
Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024 Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo