Cuaca Ekstrem: Kenali Bahaya Water Hammer pada Mesin Mobil Saat Banjir!

Sabtu, 06/01/2024 13:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Cuaca berubah di Indonesia, jalan-jalan mulai tergenang dan risiko mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir meningkat. Saat mengemudikan mobil di kondisi seperti ini, penting untuk menghindari menerobos massa air yang dapat mengancam kendaraan Anda.

Kendaraan roda empat, roda dua, dan di atasnya tidak dirancang untuk menerobos mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir, kecuali kendaraan amfibi. Semua kendaraan harus digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Menerobos mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir dapat membahayakan mobil kesayangan Anda karena kedalaman air yang tidak diketahui dan risiko bertabrakan dengan kendaraan lain.

Ada kemungkinan terdapat kubangan atau lubang di bawah air yang dapat membuat mobil terjebak.

Air juga dapat masuk ke kompartemen mesin dan menyebabkan kerusakan seperti piston bengkok akibat water hammer, di mana tekanan air merusak komponen mesin.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala mobil terendam mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir:

Evakuasi ke bengkel

Evakuasi mobil ke bengkel agar segera ditangani. Matikan seluruh sistem kelistrikan dan hindari kontak atau starter sampai mendapat penanganan mekanik.

Perhatikan jenis transmisi mobil

Mobil dengan transmisi manual dapat ditarik atau di-towing, sementara mobil dengan transmisi otomatis harus di-gendong.

Periksa komponen kelistrikan

Periksa komponen kelistrikan seperti ECU, relay, dan junction block. Keringkan seluruh komponen elektrik untuk mencegah arus pendek atau korsleting.

Informasikan ke mekanik

Mekanik akan membersihkan ruang mesin dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Berikan informasi detail tentang kondisi mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir pada mekanik untuk penanganan yang optimal.

Periksa sektor eksterior

Periksa sektor eksterior, termasuk baret panel bodi dan potensi bagian-bagian yang rawan karat. Pastikan telah diperiksa dan lakukan langkah lanjutan jika diperlukan.

Lakukan pembersihan komponen interior

Lakukan pembersihan komponen interior seperti karpet lantai, jok, door trim, langit-langit, saringan udara AC, dan bagasi. Pastikan semua komponen bersih dari sisa-sisa mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir.

Demikian adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala mobil terendam mobilinanews.com/tags/banjir/" style="text-decoration:none;color:red;">banjir menurut ADM. (krm)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!