Airlangga Hartarto, Pemilik Pertama OMODA E5 Di Dunia, Kebanggaan Indonesia Jadi Basis Produksi Chery!

Selasa, 06/02/2024 07:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto memboyong sejumlah mobil OMODA E5 untuk kementeriannya. Menariknya dari mobil listrik anyar itu, ada beberapa mobil OMODA E5 yang berwarna kuning.

Sebagai kostumer spesial, Airlangga menjadi konsumen pertama OMODA E5 di dunia, karena mobil listrik compack SUV ini baru pertama kali diluncurkan di dunia.

Dalam penyerahan unit OMODA 5E, Airlangga tampak semringah dengan mobil barunya, yang langsung diserahkan oleh Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Qu Jizong dan jajarannya.

"Mobil ini diproduksi lokal sampai 300 unit sampai Desember 2023 lalu. Konsumen pertamanya, yang punya mobil kuning ini, saya," ungkap Airlangga di Jakarta, Senin (5/2).

Dalam sambutannya yang diputar saat peluncuran OMODA E5, Ailangga mengapresiasi pabrikan asal Tiongkok itu yang mememilih Indonesia untuk menginvestasikan uang dan fasilitas produksinya yang tentu memberikan dampak positif bagi ekonomi.

"Saya mengapresiasi Chery yang ingin menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil listriknya. Saya juga senang karena mereka mau berinvestasi di Indonesia dan ini baik untuk elektrifikasi di Tanah Air," kata mantan Menteri Perindustrian itu.

Ia juga sangat gembira karena Chery yang baru seumur jagung di Nusantara sudah mampu melokalisasi produknya dengan memenuhi persyaratan komponen lokal 40 persen pada produk mobil listriknya.

"Kita senang karena Chery dalam produksi mobil listrik barunya, sudah memenuhi menggunakan komponen lokal minimal40 persen yang mendukung industri di Indonesia," tukasnya.

Asal tahu saja, OMODA E5 menggunakan baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) dengan kapasitas 61 kWh. Daya tempuhnya bisa mencapai 450 kilometer.

Chery Omoda E5 mampu mencapai kecepatan 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,6 detik.

Untuk pengecasan, mobil listrik baru ini didukung dengan teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Dengan daya 110 kW DC, baterai bisa dicas 0-80 persen dalam 30 menit.

Mobi listrik OMODA 5 yang futuristik dan elegan itu dibanderol dengan harga di bawah Rp500 juta. Ia dilepas ke pasar dengan harga Rp498,8 juta on the road Jakarta (OTR) Jakarta.

Untuk menarik minat konsumen mobil listrik, 1.000 pembeli pertama OMODA E5 akan mendapatkan harga khusus yakni Rp488,8 juta OTR Jakarta.(erwin)

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Kota Sabang Aceh, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan