Bersiap Debut di Balap Ketahanan FIAWEC 2024, Valentino Rossi Andalkan Mobil BMW di Sirkuit Losail Qatar

Selasa, 20/02/2024 20:49 WIB

mobilinanews (Qatar) - Komunitas MotoGP tengah fokus pada tes dan seri pembuka 2024 awal bulan depan. Begitu pula Valentino Rossi yang baru rayakan hut ke-45. Juga fokus ke Losail.

The Doctor salah satu pembalap tersukses di GP Qatar sejak negara ini menggelar MotoGP pada 2004. Ia juara di sana pada 2005, 2006, 2010 dan 2015.  

Dibangun tadinya khusus untuk MotoGP, belakangan Losail juga hadirkan balapan mobil, termasuk Formula 1 sejak 2021.

"Saya sangat paham karakter Losail.  Elu tahu persis seperti apa untuk balap mobil. Tapi, pengalaman Itu nanti sangat membantu debut saya di ajang FIAWEC," kata Rossi.

Ya, dirinya akan balik ke Losail bukan untuk MotoGP. Tapi, melakoni kompetisi FIA World Endurance Championship (WEC) 2024, kejuaraan balap mobil ketahanan yang serinya juga termasuk LeMans 24H.

Seri pembuka berlangsung pada 2 Maret 2024. Sepekan kemudian race pertama MotoGP 2024 dihelat di tempat sama.

Bertarung di atas mobil BMW, Rossi akan balap semusim penuh tahun ini. Berpasangan dengan Maxime Martin dan Ahmad Al Harthy. 

Saat sama, juara dunia MotoGP 6 kali itu tetap ikut kejuaraan GT World Challenge yang ia lakoni sejak pensiun dari MotoGP.

"Saya akan banyak balapan tahun ini, mungkin 16. Balapan GT dan WEC sangat berbeda, keduanya menyenangkan. Hanya saja WEC adalah  kejuaraan dunia dengan level yang tinggi. Ini pengalaman baru. Akan saya tentukan nantinya akan fokus pada kejuaraan yang mana."

Di atas kertas, kata Rossi, mobil dan line up pembalap timnya punya potensi untuk jadi pemenang.

"Dua rekan saya sangat kencang. Saya sendiri lumayan kencang. Tak mudah meraih kemenangan, tapi di atas kertas kami punya potensi. Ya, hanya prediksi, karena dengan jenis balapan seperti ini Anda tak pernah paham kemampuan sesungguhnya sebelum tiba saat balapan sesungguhnya."

Ia mengaku masih banyak yang harus ia pelajari dalam  balap ketahanan. Karena itu ia sangat semangat kalau kejuaraan tahun ini dimulai dari Losail, sirkuit yang sangat ia kenal.

Pengetahuan itu ia yakini akan membantunya di dalam kokpit BMW-nya. (rn)

TERKINI
Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder!