Talk Show IIMS 2024 : Pegokart Presley Martono dan Perally Rizal Sungkar Buka Bukaan Rahasia Sukses Menjadi Coach Balap

Kamis, 22/02/2024 15:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagaimana lika-liku coach di ajang balap gokart dan rally?

Rahasianya dibuka oleh Presley Martono mantan pegokart dan juara F4 Asia Pacific, serta Rizal Sungkar perally senior yang kini juga menjadi coach perally H Rihans Variza  juara nasional Sprint Rally 2023.

"Melatih skill pegokart pemula penting, tapi mengasah fisik dan endurance juga tak kalah penting. Karena skill oke itu tidak akan muncul jika tidak ditunjang stamina memadai," ungkap Presley pada Talk Show IIMS 2024 di Hall C1 JIExpo Kemayoran, Kamis (22/2/2024) siang.

Saat ini, Presley menjadi pelatih beberapa pegokart baru seperti Altaf Ridwan Thalib, Micah dan Michael Vino. Presley juga pernah menjadi coach Daffa AB yang kini moncer sebagai pegokart andal dan pembalap mobil piawai.

Presley yang kini berusia 24 tahun, juga menggeluti e-sport (balap simulator), dengan mendirikan JMX Phantom Racing Team.

"JMX Phantom menjadi tim pertama di Indonesia yang memberi gaji bulanan kepada pembalapnya," tukas Presley.

Sementara itu Rizal Sungkar perally senior yang juga piawai balapan di lintasan aspal, menyebutkan bahwa metode pelatihan yang diterapkan dengan memahami karakter perally itu sendiri.

"Ada perally yang suka dengan metode diberikan pelatihan secara teori terlebih dulu. Namun ada juga yang langsung aplikasi, latihan dengan praktek membawa mobil," terang Rizal.

Dia suka dengan karakter H Rihans, karena sangat responsif dan cepat merespon metode yang diterapkan. Maka jangan kaget jika progressnya terbilang cepat.

"H Rihans hebat dan responsif. Dia pernah main motor, juara slalom, speed offroad, tapi juga cepat adaptasi di rally. Kalau yang lain perlu waktu 3-5 tahun, dia tak perlu selama itu untuk jadi perally andal," ungkap Rizal, yang juga mengelola bengkel mobil balap RFT Motorsport.

Rizal pula yang menemukan dan kemudian mengasah bakat hebat perally Bintang Barlean. "Dari pertama main speed offroad di usia 13 tahun menggunakan Suzuki Jimny, Bintang udah mahir dan halus bawa mobilnya," beber adik Rifat Sungkar ini.

Rizal juga dikenal sebagai "Don King Motorsport Indonesia." Salah satunya meyakinkan Glenn Nirwan agar meninggalkan rally dan menekuni balap mobil.

"Hasilnya, Glenn langsung meraih juara nasional ITCR 3600 Max di balap mobil 2023 di sirkuit Sentul menggunakan Audi RS3 LMS TCR," sambungnya.

Bagaimana meyakinkan Glenn yang perally mau menerjuni balap mobil.

"Saya hanya bilang, kalau Glenn tetap di rally, juga Ryan (kakaknya) juga di rally, ya masak kakak adik akan bersaing sendiri. Kalau Glenn yang sempat pernah ikut balap mobil, mau comeback, satu keluarga Roy Nirwan ada yang juara rally dan balap mobil sekaligus. Dan alhamdulillah, kini itu sudah tercapai," senyum Rizal.

Talk Show IIMS 2024 dipandu Ricky Sitompul selaku host dan race commentator andal. (bs)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!