Raih National Lighthouse Industry 2024, Toyota Indonesia Komitmen Wujudkan Transformasi Industri 4.0

Sabtu, 24/02/2024 02:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sekali lagi meraih Penghargaan National Lighthouse Industry 2024.

Bob Azam, Wakil Direktur Utama TMMIN, menyatakan bahwa dengan roadmap yang jelas dan implementasi yang konsisten, TMMIN bersiap menjadi teladan dan mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

"Dengan roadmap yang jelas dan implementasi yang konsisten, TMMIN siap menjadi role model dan mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan transformasi industri 4.0 di Indonesia," kata Bob Azam, Wakil Direktur Utama TMMIN.

Bob Azam juga menekankan komitmen TMMIN untuk terus menjadi lokomotif dalam pembangunan supply chain di Indonesia. "Transformasi menuju era bersih ini membawa potensi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 kekuatan ekonomi teratas dunia pada 2030," ungkapnya.

Sebagai bentuk komitmen, TMMIN hadir di Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) dengan tujuan untuk mendukung Industry 4.0. TMMIN berharap dapat memberikan advokasi konsep konektivitas rantai pasokan (blockchain) dan memperkuat daya saing industri melalui pengembangan SDM dan transformasi digital.

Bob Azam menuturkan bahwa perjalanan pengembangan industri Toyota Indonesia bukanlah proses yang instan.

"Industri otomotif harus bisa membangun daya saing yang lebih tinggi agar bisa memenangkan persaingan. Ini hanya bisa dicapai dengan meningkatkan efisiensi produktivitas melalui penerapan setiap aspek Industry 4.0 bersama seluruh rantai pasok untuk memenuhi pasar domestik dan ekspor," lanjutnya.

TMMIN juga telah menyiapkan roadmap (peta jalan) untuk mempersiapkan persaingan di era Industri 4.0 yang semakin ketat.

Implementasi Roadmap Industry 4.0 di TMMIN telah memasuki tahap kedua atau Tahap 2 yang berlangsung sampai 2024.

Tahap 2 (2022-2024) ini fokus sebagai role model dan penerapan teknologi digital di dunia sektor otomotif. Yaitu meliputi logistic, maintenance, dan quality.

Melalui penerapan berbagai inovasi program seperti Robot Process Automation (RPA), Predictive Maintenance, e-Warehouse, Quality Inspection and Engine Traceability. (krm)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!