Test Pramusim MotoGP Qatar 2024 : Catatan Gemilang Duo Ducati Dengan Bagnaia Pertama, Bastianini Kedua

Sabtu, 24/02/2024 13:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Francesco Bagnaia menunjukan dominasinya selama tes pramusim di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Ia menempati posisi pertama dalam uji coba pramusim berdurasi dua hari itu.

Dalam tes tersebut, sang juara dunia bertahan sebagai satu-satunya pembalap yang mencatatkan waktu di bawah 1:51 dengan rekor catatan waktu 1:50.952. Sebuah catatan mentereng yang memberikan optimisme lebih untuk menghadapi musim balapan tahun ini.

Setelah memimpin pada sesi awal delapan jam, Kamis (23/2), sang Juara Dunia sekali lagi mencatatkan waktu tercepat pada hari kedua, memecahkan rekor dengan catatan waktu 1:50.952 dari total 103 putaran.

Catatan hari pertamanya, ia dedikasikan untuk menegaskan kembali perasaan positif yang dia rasakan dengan konfigurasi Desmosedici GP 2024. Selama tiga hari pertama pengujian di Sepang, Bagnaia berfokus pada time attack dan simulasi balapan.

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pembukaan musim Grand Prix mendatang, yang akan berlangsung di Lusail dalam beberapa minggu kedepan. Memanfaatkan kondisi yang prima, pembalap Tim Ducati Lenovo berhasil menembus batas 1:51, mencatatkan rekor waktu putaran tercepat.

Menanggapi hasilitu, Francesco Bagnaia mengatakan sangat puas dengan capaiannya karena sudah memenuhi terget tim. Ia sangat optimis menghadapi musim ini karena semuanya berjalan optimal.

"Saya sangat puas dengan waktu yang saya catatkan hari ini. Saya memperkirakan kami akan berada di sekitar angka 1:51 kecil, tetapi berada di bawah itu melebihi harapan saya. Namun, ini hanya uji coba, seperti di Malaysia," tuturya.

"Kondisi hari ini sangat optimal: cengkeraman sangat luar biasa, yang kami manfaatkan sepenuhnya. Secara keseluruhan, ini adalah hari lain yang positif, dan kami telah menyempurnakan semua setiap aspek. GP24 menunjukkan potensi sejak uji coba di Valencia. Di Sepang, kami melakukan pekerjaan yang bagus dan menyempurnakannya di sini. Kami siap menghadapi pembuka musim yang akan datang dalam beberapa minggu kedepan," ungkapnya.

Enea Bastianini juga tampil dengan baik, menyelesaikan tes Qatar di posisi kedua. Ia mencatatkan waktu 1:51,027 dari total 80 putaran. Hanya tertinggal 120 seperseribu detik dari rekan setimnya, sehingga merasa tunggangannya punya performa apik dan dia punya kans yang menjanjikan untuk bersaing di musim ini.

Pembalap asal Rimini ini mengkonfirmasi performa menjanjikan yang ditunjukkan selama pengujian sebelumnya di Malaysia dan siap untuk menghadapi awal Kejuaraan Dunia MotoGP yang baru, yang dijadwalkan berlangsung pada 8-10 Maret dengan GP Qatar.

"Uji coba ini telah jelas produktif, dan saya merasa nyaman dengan motor ini di Qatar. Kami menemukan masalah kecil dengan getaran dan penurunan minor pada performa ban depan, tetapi begitu kami menyelesaikan masalah ini, kami dapat membuat dampak yang signifikan," ujarnya.

Enea juga yakin dengan performa tim dan apa yang telah mereka lakukan bakal membuahkan hasil gemilang, meliat catatan yang baik di awal tes pramusim tersebut.

"Kami menunjukkan daya saing yang baik dalam time attack maupun ritme balapan, jadi saya senang dan bersemangat kembali ke lintasan untuk balapan perdana musim ini," tukasnya.

TERKINI
The Elite Showcase 2024 Hadirkan Pengalaman Otomotif yang Tidak Terlupakan dengan Tenant Terkemuka dan Brand Prestisius Sumatera Dirt Bike 2024 Bakal Disuguhi Lintasa Ekstrem dan View Eksotik di Danau Toba 5 Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Dilepas, Yuk Simak! Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024