Eshark Rok Cup 2024: Kepercayaan Diri Pulih, Zavian Fabrizio Santoso Mulai Bisa Bikin Papinya Tersenyum

Senin, 11/03/2024 02:09 WIB

mobilinanews (Bogor) - Mengembalikan kepercayaan diri dan mental bertanding, ternyata lebih penting ketimbang mengasah skill pegokart. Pasalnya, jika itu sudah bisa didapatkan, selanjutnya lebih mudah.

"Kepercayaan diri dan mental bertanding yang makin membaik, itu yang saya saksikan dari penampilan Zavi (panggilan untuk pegokart Zavian Fabrizio Santoso) pada rd 2 Eshark Rok Cup. Dan ini, cukup menjajikan," ungkap Benny Santoso, pembalap mobil senior sekaligus ayahanda Zavi.

Iya, rasa confident itu diperlihatkan Zavi (11 tahun) pada Final Mini B Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup Indonesia 2024 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Minggu (10/3/2024).

Tidak hanya berhasil melakukan overtake terhadap pegokart lain, namun fighting spirit Zavi sudah mulai membaik mendekati seperti saat pertama kali mengikuti Kejurnas Eshark Rok Cup tahun lalu.

Saat itu, Zavi yang masih berusia 10 tahun dan debut di kelas Entry Level  seri 3 Eshark Rok Cup pada Minggu (14/5/2024), mengalami crash di tikungan terakhir membuat gokartnya terbang dan sempat dilarikan ke rumah sakit EMC Sentul City, Bogor.

Zavi berusaha overtaking (menyalip) Kenzi Erizananda (Rehobat CW Racing), mungkin karena agak kurang fokus (maklum balapan pertama), dengan speed cukup tinggi, tiba-tiba brukk!! Insiden crash di lap pertama tak bisa dihindari. 

Gokart yang dikemudikan Zavi terbang dan berhenti di panggar pembatas. Zavi terlempar dari gokartnya. Dan pimpinan perlombaan pun mengibarkan Red Flag tanda balapan dihentikan sementara. 

Insiden ini tampaknya tak mudah dilupakan Zavi, dan sempat vakum gokart atas permintaan sang mama. Namun setelah cedera ringan yang dialami siswa Global Inbyra School kota Tegal, Jawa Tengah membaik, Zavi kembali mendapat lampu hijau untuk kembali ke gokart.

Meski selalu berhasil mendapatkan trofi kemenangan, baik juara 3 sampai dengan 5 di Entry Level dan kemudian kelas Mini, namun tampak trauma itu belum sepenuhnya hilang. Zavi sering ragu-ragu saat mau overtake pembalap di depannya. 

Namun pemandangan lain berlangsung pada round 2 Kejurnas Gokart Eshark Rok Indonesia 2024, Minggu (10/3/2024) hari ini. Zavi sudah kembali.

"Iya om, saya sekarang sudah bisa melupakan insiden crash tahun lalu. Tadi, gokart saya juga secara pace (speed) beda tipis dengan pegokart terdepan. Insyaallah, pada seri Eshark Rok Cup berikutnya, udah makin berani lagi untuk fight berebut posisi di depan," ungkap Zavi, pegokart andalan Z&C Corp Motorsport.

Gas lagi, Zavi. (bs)

 

 

 

TERKINI
Konsisten Implementasi Inisiatif Keberlanjutan, FIFGroup Raih The Best CSR in Finance Sector 2024 Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo