IOF Pengda Sumatera Barat Kirim Armada Rescue ke Lokasi Banjir Pesisir Selatan, Kerja Nyata Bantu Masyarakat

Selasa, 12/03/2024 00:01 WIB

mobilinanews (Padang) - Sudah dikenal, para offroader yang berada di bawah naungan Indonesia Off-road Federation (IOF) memiliki kepedulian yang tinggi.

Ketika bencana terjadi di suatu wilayah di Tanah Air, Pengurus Daerah IOF yang berada di daerah tersebut bergerak memberikan bantuan.

Seperti musibah banjir yang terjadi di Sumatera Barat pada pekan lalu. Akibat curah hujan tinggi, sebagian wilayah Sumbar mengalami longsor dan terendam banjir.

Lokasi terdampak yang cukup parah berada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Ada tiga Kecamatan yang membutuhkan bantuan karena menimbulkan korban jiwa. Ketiganya yaitu Kecamatan Sutera, Koto XI Tarusan dan Lengayang.

Data sementara 10 orang dilaporkan tewas dan 14 rumah tertimbun longsor serta 20 ribu lebih rumah terendam.

Bukan hanya itu, 8 unit jembatan putus akibat bencana tersebut. Inilah yang menjadi panggilan sosial bagi offroader.

Pengda Sumbar IOF secara spontan mengumpulkan bantuan dan membentuk Tim Penyelamat yang bergerak ke lokasi bencana.

“Kami mengirim beberapa unit mobil offroad Surantiah. Lalu membantu menuju pendistribusian bantuan ke daerah yang tidak bisa dilalui mobil biasa,” ungkap Verry Mulyadi, Ketua IOF Pengda Sumbar. Sangat melepas waktu keberangkatan pada Sabtu (9/3/2024).

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kalaksa) Abdul Malik meminta bantuan kepada Tim Rescue IOF untuk membantu bencana alam yang terjadi di Pesisir Selatan.

“Karena ada beberapa daerah yang sulit ditembus,” ungkap Verry Mulyadi.

Maka Ketua Pengda IOF Sumbar melepas keberangkatan 5 unit mobil offroad menuju lokasi.

Bersama rombongan, serta ikut 10 personel. Karena lokasi sinyal telekomunikasi terputus, personel yang berada di sana belum dapat dihubungi melalui ponsel. (bangve)

 

TERKINI
Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan Digelar, Libatkan Kategori SMK! Intip Hasil Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Jadi Inspirasi Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024, Mitsubishi Bawa `Full Support Solution` Untuk Perkuat Layanan Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo