Vespa Batik Hadir di Museum Batik Indonesia, Wujud Penghormatan Budaya Indonesia

Jum'at, 22/03/2024 00:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Piaggio Indonesia menampilkan Vespa Batik di Museum Batik Indonesia sebagai bentuk apresiasi penuh arti atas menyatunya dua ikon dan warisan budaya, yakni Vespa dari Italia dan Batik dari Indonesia.

Langkah ini sebagai wujud penghargaan akan pentingnya nilai Batik sebagai bagian penting warisan budaya Indonesia. Wujudnya, mereka mempersembahkan Vespa Batik sebagai model Vespa pertama yang diproduksi di fasilitas tersebut untuk merayakan budaya ikonis yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, mengatakan, kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia menegaskan kembali dedikasi kami dalam mengapresiasi arti penting Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

"Kami bangga dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan bagi Vespa Batik untuk tampil di Museum Batik Indonesia karena kami percaya inisiatif ini akan menjaga perbincangan yang berkelanjutan tentang Batik dari generasi ke generasi," tuturnya.

Vespa Batik yang ada di Museum Batik Indonesia bernomor seri 1002, melambangkan Hari Batik Nasional yang diperingati pada bulan Oktober tanggal 2. Kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia akan menjadi daya tarik kontemporer yang memperkaya cerita batik di era modern.

Vespa Batik mengadaptasi pola batik tradisional `Tambal Jagad` sebagai motif utama yang tersemat di bodi kendaraan dan aksesori seperti helm dan topbox.

Menariknya pola utama menggambarkan kolase dari tujuh motif batik, yaitu Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatera), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).

Setiap pola batik itu terinspirasi dari berbagai latar belakang dan tradisi yang mewakili filosofi budaya Indonesia yang menarik sebagai negara kepulauan, mulai dari ujung barat hingga ujung timur nusantara. Dengan begitu, para pencinta Vespa menikmati kekayaan budaya Indonesia melalui sepeda motor mereka.

Vespa Batik itu dirakit di Cikarang dan dipasarkan di Indonesia, Vespa Batik benar-benar mewujudkan semangat Dari Indonesia, Untuk Indonesia. Melalui Vespa Batik, Vespa ingin ikut melestarikan warisan budaya batik dan menemukan identitas baru dalam menjalani mobilitas sehari-hari.

TERKINI
Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan Digelar, Libatkan Kategori SMK! Intip Hasil Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Jadi Inspirasi Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024, Mitsubishi Bawa `Full Support Solution` Untuk Perkuat Layanan Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo