Telkomsel Luncurkan T-Bike, Aplikasi Pintar Khusus Roda Dua

Kamis, 03/03/2016 15:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Provider telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel, baru saja meluncurkan sebuah layanan M2M (machine to machine) berupa aplikasi tracker khusus kendaraan roda dua yang mereka sebut T-Bike. Sebelumnya, Telkomsel juga sudah merilis tracker untuk kendaraan roda 4 bernama T-Drive.

Fungsi aplikasi otomotif dari Telkomsel ini adalah memberikan kemudahan dalam memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor via smartphone. 

Ini sekaligus menjadi sebuah kosistensi Telkomsel pada pengembangan ekosistem DNA (Device, Application dan Network) di bidang otomotif yang baru saja dirambahnya.

Keunggulannya berupa kelengkapan fitur dengan pemasangan alat (device) yang mudah dan cepat. Dalam membuat T-Bike, Telkomsel menggunakan aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan Smart City di Indonesia.

"Telkomsel masih terus melakukan pengembangan untuk T-Bike sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunan bahan bakar, informasi navigator motor, serta analisa kinerja kendaraan," terang Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta pada acara peluncuran T-Bike di Empirica, SCBD, Jakarta, Kamis (03/03).

Beberapa lembaga kredibel seperti Museum Rekor Indonesia (MURI), media otomotif Motor Plus dan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) turut memberikan pengakuan untuk kehadiran aplikasi yang dianggap sangat bermanfaat bagi para pemilik kendaraan roda dua di Indonesia ini. 

T-Bike adalah aplikasi yang inline dengan device tracker yang dipasang pada kendaraan. Setelah pemasangan alat tersebut, konsumen tinggal mengunduh aplikasi T-Bike lewat basis smartphone Android (ios akhir Maret 2016) dan melakukan registrasi. 

Setelah itu, pemilik kendaraan bisa melakukan pemantauan posisi kendaraan, menghidupkan dan mematikan mesin kendaraan melalui smartphone, atau pengelolaan armada secara real time (tracking dan fleet management). 

Pemasangan alat (device) juga tergolong cepat dan mudah dengan sistem plug in device, tidak perlu melakukan pemotongan kabel dan hanya memakan waktu kurang lebih sekitar 7 menit untuk motor matik atau bebek merek Honda.

Untuk harga, Telkomsel mengklaim sebagai yang termurah, di bawah Rp 1 juta, sudah termasuk biaya pemasangan dan berlangganan selama setahun. (Zie)

TERKINI
Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak! Hindari Tidur di Mobil Dengan AC Nyala, Hati-Hati Keracunan Gas CO GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir