Kisruh Penentuan Sirkuit Balap Motor PON XIX Jawa Barat

Selasa, 31/05/2016 08:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Awalnya telah ditetapkan Subang sebagai tuan rumah penyelenggara balap motor PON XIX Jawa Barat pada September mendatang. Namun kemudian berpindah ke tempat lain menyusul ditangkapnya Bupati Ojang Sohandi oleh KPK untuk kasus korupsi.

“Kami tidak mau tersangkut kasus. Makanya, PP IMI memutuskan untuk memindah venue balap motor PON ke sirkuit lain,” ujar Poedio Oetojo, Kabid Olahraga PP IMI  kepada mobilinanews.

Persoalannya, hingga sekarang belum dipastikan sirkuit mana yang bakal dipakai untuk ajang balap motor memperebutkan 4 medali emas tersebut?

Menurut Poedio, panitia besar PON dan sejumlah pengurus Pengprov IMI Jawa Barat memang mengusulkan memakai sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya. Alasannya, Tasikmalaya itu Jawa Barat banget.

Persoalannya, sirkuit milik perorangan itu masih membutuhkan banyak polesan agar layak untuk menggelar ajang balap motor PON. Selain lintasan balapnya, juga terutama sarana pendukungnya seperti paddock yang terlalu sempit, akses jalan masuk ke sirkuit hingga ketersediaan hotel untuk menampung kontestan dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: 

balap-motor-pon/" style="text-decoration:none;color:red;">balap-motor-pon/">Ada Oknum Sok Berkuasa Paksakan Tasikmalaya Tuan Rumah Balap Motor PON

balap-motor-pon/" style="text-decoration:none;color:red;">balap-motor-pon-di-sentul-sama-dengan-serahkan-semua-medali-kepada-dki/">Gelar Balap Motor PON Di Sentul Sama Dengan Serahkan Semua Medali Kepada DKI

Menurut Poedio, perlu banyak perbaikan untuk sirkuit di Tasikmalaya. “Ya monggo saja. Yang punya wewenang panitia besar PON dan mereka pula yang memilki dana. Tapi ingat, deadline sudah dekat,” ungkap pria paruh baya yang karib disapa Mas Oed itu.

Maka itu PP IMI selaku regulator tetap menunggu perkembangan soal sirkuit bakal balap motor PON tersebut.

“Yang jelas, harus ada sirkuit alternatif atau cadangan kalau Tasikmalaya ternyata tidak siap. Ada sirkuit Sentul kecil yang secara infrastruktur pendukung sudah lengkap. Tapi, sekali lagi, kami dalam posisi tidak yang menentukan,” pungkas Poedio.

Tasik atau Sentul? Sama-sama Jawa Barat kan mas Oed? (Teks dan Foto Budi Santen)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine