Sirkuit Kontroversial Siap Sambut Para Pebalap F1 Di GP Eropa

Selasa, 14/06/2016 16:06 WIB

mobilinanews (Azerbaijan)- Sirkuit ini memang merupakan lintasan terbaru dalam ajang F1 musim 2016. Dilihat dari karakter lintasannya, mirip dengan sirkuit Guia di Makau yang sering digunakan untuk balap mobil tahunan GP Makau. Yakni karena beberapa sisi berdempetan dengan gedung sehingga lintasan menjadi sempit.

Yup, sirkuit ini adalah sirkuit jalanan di kota Baku, Azerbaijan yang akan menggelar F1 pada akhir pekan ini (17-19/06).

Selain dilihat dari karakter lintasannya, bagian jadwal balapnya memang agak kontroversial karena berdekatan dengan ajang balap mobil paling bergengsi sekaligus bagian dari seri balap ketahanan WEC, Le Mans 24 jam.

Gara-gara ini pebalap Force India asal Jerman, Nico Hulkenberg gagal bertanding di ajang Le Mans bersama tim juara Porsche. Pebalap berjuluk " The Hulk" ini menjadi jawara dengan tim pabrikan asal Stuttgart itu pada musim lalu bersama duo Nick Tandy dan Earl Bamber.

Sementara, gelaran F1 di Azerbaijan ini tidak bernama Azerbaijan Grand Prix melainkan GP Eropa yang selama 4 tahun tidak pernah digelar kembali karena kesulitan keuangan. Saat dilaksanakan terakhir kalinya di sirkuit jalanan kota Valencia, Spanyol pada 2013 silam.

Kota Baku sebelumnya pernah menggelar Blancpain GT Series bernama Baku World Challenge. Hanya saja, sirkuit yang digunakan pada World Challenge lebih pendek dari F1 (6 km) yakni hanya 4,3 km.

Dengan 51 putaran dan 20 tikungan yang akan dilibas para pebalap, mampukah Lewis Hamilton bisa meraih back-to-back winner seperti di Monaco dan Kanada lalu?

Mari kita nantikan. (Teks Berto Pramadya)   

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine