Ganti Kaca Film Yang Tepat Peruntukan Mobil Retro

Kamis, 23/06/2016 15:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Bagi anda pengguna mobil Retro tentunya haruslah ekstra telaten dalam hal perawatan, begitupun halnya dari sektor penggunaan kaca film. Untuk mobil-mobil retro yang umumnya telah berusia 15 tahun keatas, perihal kualitas kaca film tentunya performanya telah menurun oleh karenanya perlu dilakukan penggantian.

“Pada dasarnya kaca film yang baik rentang masa penggunaannya bisa lebih dari 3 tahun, sedangkan mobil retro kan sudah berusia lebih dari 15 tahun jadi bisa dipastikan performa kaca film sudah menurun. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan agar penggantian kaca film tepat peruntukan mobil retro, treatmentnya tidak bisa disamakan seperti mobil baru,” ujar Billy, Supervisior Flagship Outlet VKOOL kepada mobilinanews.

Diutarakan olehnya, mobil retro yang belum pernah melakukan penggantian kaca film sama sekali, pekerjaan rumah pertamanya pada menghilangkan jejak lem. Diperlukan ekstra kesabaran guna menghilangkan bekas lem dari kaca film yang lama.

Beberapa kendala yang sering terlihat di mobil-mobil lawas, adanya jelaga bergelombang seperti buliran pelangi selepas mengangkat kaca film lawas. Jejak ini dikarenakan pemilik mobil kerap menggunakan bahan kimia guna membersihkan jamur pada kaca. Efek yang akan timbul saat melakukan pemasangan kaca film baru, akan terlihat bias pelangi saat kaca film terpasang.

“Hendaknya pemilihan kaca film yang tepat seperti seputar kelenturan kaca film. Umumnya lekukan kaca pada mobil-mobil retro seperti Toyota Starlet 98 ini, sudut lengkungan kaca berbeda dengan kaca mobil keluaran terbaru. Penggunaan kaca film tipe VIP dari VKOOL paling baik diterapkan di mobil retro karena lebih fleksibel sehingga tidak terkendala dengan lengkungan,” pungkasnya.

Jikapun pengguna mobil retro memilih menggunakan VKOOL VK40 dan VK70 yang cenderung lebih tebal, bukanlah masalah. Beberapa trik seperti ‘Stick’ dapat dilakukan guna mensiasati lengkungan pada kaca.

Metode ini umum dilakukan di kaca bagian belakang, dengan bantuan heatgun agar kaca film yang hendak dipasang dapat melekat mengikuti kontur kaca kemudian  sambungan kaca film ditempatkan pada kabel fogging sehingga garis sambungan tidak kentara dan kaca film dapat merekat dengan erat tanpa adanya gelembung.

Ditekankan oleh Billy, mobil retro jika diaplikasikan kaca film yang tepat, akan dapat meningkatkan kenyamanan berkendara bagi para pemiliknya karena kaca film yang baik dapat menahan laju sinar ultra violet kedalam kabin sehingga radiasi panas tidak terpapar secara langsung ke penumpang di dalamnya.

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024