Hasil MotoGP Belanda 2016 : Jack Miller Tulis Sejarah, Monster Ducati Diademin Hujan Assen

Minggu, 26/06/2016 23:44 WIB

mobilinanews (Assen) -  Jack Miller boleh menorehkan sejarah, membawa Aprilia menapaki puncak podium MotoGP di Assen. Ini kemenangan pertama joki 21 tahun yang tahun ini.masih rookie di MotoGP. Juga kemenangan pertama Aprilia di era 4-Tak.

Tapi yang menarik justru karena banyak yang salah menganalisa kans Andrea Dovisiozo dan Ducati di Assen. Semua prediksi terjungkal. Ducati yang terkenal liar kayak monster justru jinak di licinnya aspal Assen.

 

Semua itu terjadi.di race pertama balapan seri VIII yang dihentikan pada lap ke-15. Aisa 12 putaran lagi dilanjutkan pada race kedua, karena hujan yang makin deras, sudah anti-klimaks.

 

Keajaiban di Assen justru ketika di race pertama, 3 motor Ducati ada di 4 pembalap terdepan. Malah, sebelum Yoni Hernandez jatuh, 4 pengguna Desmosedici, Dovizioso, Danilo Petruci dan Scott Redding mengeroyok Valentino Rossi.

 

Ini tak lepas dari pengalaman Ducati dalam menyetel ECU Magneti Marelli. Sifat monster Desmosedici bisa diredam. "Begitu cuaca hujan, aku makin percaya diri," ungkap Dovizioso.

 

Ducati sukses membuat maping ECU yang jinak bagi Desmosedici. Sehingga powernya tidak meledak-ledak.saat akselerasi, namun tetap beringas di rpm atas.

"Justru kami akan keteteran jika balap dalam kondisi trek Assen kering," aku Dovizioso yang menyesal karena tidak finish akibat nafsu dan jatuh di race kedua.

 

Valentino Rossi pun akui keunggulan Ducati di trek yang tidak bersahabat buat motor lainnya. "Aku pernah di Ducati. Dan aku tau potensi motor itu saat wet race. Jangan.tanya kenapa, tapi sifat monster itu hilang begitu saja," beber Rossi yang gagal finish.

 

Tapi, kita kasih selamat juga buat Jack Miller. Ia menambah deretan joki Australia yang pernah juara MooGP. Juga Aprilia yang kembali cicipi kemenagan sejak terakhir dirasakan pada 2002.

"Luar biasa. Tidak ada yang menduga kami akan ada di podium tertinggi. Tapi, kami tau, akan tiba saat itu. Dan itu terjadi sekarang, di sini," papar Miller.

Selamat juga buat Marc Marquez yang memperlebar jarak di klasemen dari Jorge Lorenzo dengan finish runner-up. (Teks : Aries Susanto; Foto : crash)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!