Mengenal Tipe Ban Peruntukan SUV

Senin, 18/07/2016 07:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Bagi anda yang memiliki mobil SUV (Sport Utility Vehicles) tentunya pilihan penggunaaan ban tidak dapat disamakan dengan penggunaan mobil pada umumnya. Hal ini dikarenakan karakteristik mobil berikut medan jalan yang umum digunakan SUV bisa saja sangatlah bervariasi.

“Ban mobil yang biasa dipakai oleh mobil-mobil SUV, Double Cabin, Truck dan kendaraan 4x4, ban jenis ini terdiri dari berbagai macam tipe, M/T, A/T & H/T. Tipe dan jenis ban inilah yang harus dipahami fungsi dan kegunaannya agar dapat memberikan fungsi yang optimal sesuai peruntukannya,” ungkap Tejo Andriastono, Manager Marketing PT YHI Indonesia selaku importir ban Yokohama di Indonesia. Berikut ini tipe ban yang harus dipahami fungsi dan kegunaannya.

Ban M/T (Mud Terrain)

Ban untuk keperluan lapangan. Cirinya mempunyai corak kembangan yang kasar dan biasanya telapaknya mampu membersihkan sendiri dari kumpulan lumpur tebal yang menempel di ban.

Komponen ban yang lembek juga memberi traksi cukup baik di lintasan off-road serta agresif di medan berat seperti lumpur dan jalan berbatu. Karena memiliki komponen yang lunak, ban ini akan cepat habis bila dipakai di jalan raya serta tidak mempunyai daya cengkeram yang bagus di jalan aspal.

Hal ini disebabkan ban M/T memiliki corak kembangan yang berjauhan hingga mempunyai jarak pengereman yang jauh apabila dipakai di jalan aspal khususnya sewaktu hujan. Di jalan raya, ban tipe ini juga menimbulkan suara yang mendengung di kecepatan tinggi.Di negara tertentu ada pelarangan pemakaiannya di jalan raya, seperti Singapura dan Australia.

Ban A/T (All Terrain)

Ban untuk segala medan. Sesuai dengan namanya, ban ini dapat digunakan di segala medan. Walau sebenarnya mempunyai kelemahan dan tidak cukup tangguh pada medan off-road ekstrem semisal lumpur dan salju tebal.

Namun untuk medan dengan handicap ringan seperti jalan berbatu, tanah, lintasan salju atau lumpur biasa maupun aplikasi jalan raya, bisa diandalkan.Ban jenis ini di desain untuk pemakaian di tanah, kerikil, dan jalan berair. Tetapi tidak mumpuni untuk penggunaan di medan berat seperti off road. Untuk pemakaian di aspal, ban jenis ini masih terbilang cukup nyaman karena tidak menimbulkan suara sekeras tipe M/T.

Ban H/T (Highway Terrain)

Ban untuk kecepatan tinggi di jalan raya. Dirancang khusus untuk permukaan jalan aspal atau jalan raya. Kembangannya mempunyai bentuk multiguna dan tidak berisik dipakai di dalam kota. Dianjurkan pemilik mobil jenis SUV dan 4x4 menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari. Tipe Ban ini juga cocok digunakan pada mobil MPV seperti Innova, Terios, Rush, serta Avanza.

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060