Demand Honda Freed Menurun Alasan Sienta Hadir di Indonesia?

Rabu, 03/08/2016 16:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Banyak yang menganggap kehadiran All New Toyota Sienta sebagai suatu terobosan yang terlambat. Karena model mobil penumpang dengan teknologi power sliding door dianggap sudah kurang diminati.

Anggapan ini pun ditepis oleh Toyota lewat Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. Disebutkan oleh Anton, Sienta tidak hanya sekadar kendaraan Multy Activity Vehicle (MAV) dengan adopsi teknologi power sliding door. Lebih dari itu mobil ini merepresentasikan gaya hidup dari pemiliknya.

Kalau ditanya mengapa menghadirkan Sienta di saat demand Honda Freed sebagai lawan satu-satunya sedang menurun, Anton mengatakan hal tersebut tidak ada kaitannya sama sekali.

"Kita melihat dari sisi total line up. Sebenarnya line up Toyota untuk mobil dengan ground clearance tinggi dan multi purpose sudah sangat lengkap. Sebut saja kita punya Avanza dan Innova. Tapi untuk mobil-mobil perkotaan dengan karakter stylish dengan sliding door kita masih kosong, jadi kita coba isi itu," sebutnya di acara peluncuran Calya-Sigra yang berlangsung hari Selasa (2/8) di Daihatsu Karawang Assembly Plant, Jawa Barat.

Soal demand yang menurun, Anton merasa tidak sependapat dengan pernyataan tersebut. "Buktinya kita sampai di tanggal 26 Juni 2016 kemarin sudah berhasil memperoleh SPK sebanyak 2.800 unit. Sekarang rasanya sudah lebih dari 3.000 unit."

Terkait Honda Freed yang dibilang kurang diminati saat ini, ia menjelaskan bahwa pihak Toyota tidak tahu apa-apa soal itu.

"Honestly kita tidak tahu info terkait Honda Freed atau update-nya. Kita tidak ada informasi itu. Kalaupun memang ada penurunan demand terhadap Honda Freed, itu juga tidak menjadikan sebagai alasan utama hadirnya Sienta. Kita lebih melihat karena segmennya membutuhkan. Dan sesuai prediksi kita, penerimaan Sienta di kota-kota besar cukup baik," lanjut Jimmi.

Lalu bagaimana penerimaan Sienta di daerah-daerah kecil? "Untuk daerah, kita masih perlu banyak edukasi terkait kendaraan dengan pintu sliding power door. Jadi customer daerah perlu test drive, lihat dan coba, dan pastikan dulu. Apalagi mobil ini memang harganya juga tidak murah," tutup Anton bicara soal Sienta. (Zie)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!