Lakukan Trik Ini Supaya Ban Panjang Umur

Rabu, 24/08/2016 08:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Komponen ban mobil memerlukan perhatian dan perawatan yang tepat. Menurut data Departemen keselamatan Lalu lintas Jalan Raya Nasional AS, penyebab kasus kecelakaan lalu lintas di dominasi oleh tekanan angin pada ban yang tidak memenuhi standar.

Untuk menghindari ini, silahkan simak beberapa tips ringan di bawah ini yang yang dihimpun dari beberapa situs keselamatan berkendara di jalan raya.
 
1. Periksa tekanan angin. Tekanan angin yang tidak standar akan mengakibatkan ban mudah rusak dan boros penggunaan bahan bakar.
2. Gunakan ban yang sudah memiliki aturan standar, sesuai dengan batas toleransi.
3. Balancing ban dapat mencegah terjadinya keausan pada ban yang tidak merata.
4. Tukar atau rotasi setiap ban pada setiap 8000 km. Merawat ban mobil dengan cara melakukan rotasi ban dapat mencegah terjadinya aus ban mobil yang tidak merata.
5. Jika telapak ban sudah mencapai batas Thread Wear Indocator (gundul), segeralah mengganti ban mobil untuk mencegah terjadinya resiko kecelakaan akibat penggunaan ban yang tidak layak.
6. Hindari lobang besar saat berkendara.
7. Pastikan semua ban menggunakan tutup pentil, untuk mengurangi pengurangan angin terhadap tekanan.
9 Pastikan velg ban kendaraan masih dalam keadaan layak. Velg ban tidak normal atau cacat dapat menimbulkan resiko kerusakan pada ban.
10. Hindari mengangkut beban yang melebih batas angkut kendaraan Anda.(Tigor, dari berbagai sumber)

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua Kalangan, Cicilan Ringan, Konsumen Bisa Memiliki Tanpa Uang Muka Honda FL5 dan Hyundai N TCR Diangkut Pesawat ke Sepang, Oleh Bee Logistics Transworld Perusahaan Milik Perally H. Andy Surya Santosa Wuling Cloud EV, Mobil Listrik Futuristik Dilengkapi Fitur Lengkap dan Canggih PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos