Promo Cicilan Mobil Honda Rp 800 Ribu, Jebakan Batman? (Bagian 1)

Rabu, 24/08/2016 15:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Di gelaran pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang baru saja berlangsung kemarin, Honda menggelontorkan program penjualan yang cukup heboh. Dimana program tersebut memungkinkan konsumen memiliki mobil Honda hanya dengan cicilan 800 ribu rupiah.

Begitulah tulisan dalam SMS Blast yang diterima oleh mobilinanews.

Hah.... cicilan mobil 800 ribu per bulan? Semua orang yang mendengar hal ini pasti tercengang. Bagaimana mungkin harga cicilan mobil bisa sama bahkan lebih murah dari harga cicilan motor. Belum terjawab pertanyaan itu, muncul lagi pertanyaan berikutnya, cicilannya mau berapa tahun?

Ternyata setelah ditelusuri lebih jauh, ini hanya bagian dari gimmick Honda untuk menarik pengunjung atau memikat konsumen saja. Setelah tau berapa jumlah Total Down Payment (TDP) yang harus dibayarkan, baru konsumen sadar kalau ini seperti jebakan Batman.

Yup, cicilan Rp 800 ribu per bulan ini bisa didapat konsumen kalau membayar jumlah TDP yang jumlahnya mencapai 70-80 persen dari harga On The Road (OTR) mobil Honda yang diinginkan. Contohnya bila konsumen memilih Brio Satya MT. Harga OTR LCGC Honda ini adalah Rp 130,1 juta. Untuk mendapatkan angsuran Rp 800 ribu per bulan dengan tenor 5 tahun (60x), konsumen harus menyetor TDP sebesar Rp 111 juta.

Artinya, selisih antara TDP dan harga OTR mobil hanya sekitar kurang lebih Rp 19 juta-an. Angka tersebut mungkin belum termasuk biaya administrasi dan lain-lain. Namun bila berfikir secara logika, ini terdengar seperti tidak masuk akal dan memberatkan konsumen.

Dengan jumlah TDP yang jumlahnya hampir menyamai harga OTR, untuk apa konsumen menambah bebannya dengan berhutang cicilan selama 60x angsuran? Itu adalah pertanyaan terbodohnya. Yang kalau mau dijawab bodoh juga, tinggal beli saja mobil yang sesuai dengan budget TDP, habis perkara! (Zie)

Baca : Promo Cicilan Mobil Honda Rp 800 Ribu, Jebakan Batman? (Bagian 2)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!