Toyota Indonesia Tambah Dua Negara Tujuan Ekspor

Kamis, 20/10/2016 14:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Perjalanan 45 tahun Toyota di Indonesia dari tahun ke tahun terus menuai hasil positif. Selain mampu mempertahankan posisi paling atas penguasaan market share penjualan kendaraan roda empat Tanah Air, Toyota Indonesia juga berhasil meningkatkan angka ekspor.

Tahun 2014 lalu, Toyota Indonesia melalui TMMIN berhasil mengirim kendaraan dalam bentuk CBU sebanyak 160.000 unit. Angka ini naik di 2015 dengan jumlah total 176.000 unit. Sementara untuk tahun ini TMMIN menargetkan angka ekspor akan tetap sama dengan tahun lalu. Hingga bulan September ini sudah sekitar 124 .000 Toyota diekspor.  

"Ekspor kita saat ini masih rata-rata 20% dari domestik market, dan kami berharap kegiatan ini semakin membaik. Saya kira Indonesia sekarang sudah jadi negara yang kompetitif, reformasi ekonomi, hukum, dan lain-lain menjadi sinyal bagus, bukan hanya bagi investor otomotif tapi juga industri lainnya. Kami berharap planning volume market kita makin meningkat," sebut Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN, Selasa lalu (18/10) di Jakarta.

Menuju kesana, saat ini TMMIN sudah berhasil melakukan langkah-langkah positif dengan menciptakan produk kompetitif dari sisi kualitas sekaligus berupaya untuk terus menambah negara tujuan ekspor.

"Kita ada dua destinasi baru ekspor CBU, Argentina dan Maroko. Volume-nya memang belum banyak, tetapi bagi kita hal tersebut menunjukan bahwa kita punya challenge atau opportunity untuk terus ekspan ke negara-negara tersebut," tambah Warih.

Menurut Warih, hal ini sekaligus memperlihatkan kepercayaan global terhadap produk Indonesia yang semakin meningkat. "Itu yang paling penting, jadi kalau kita lihat bahwa ini adalah kesempatan dan bagaimana kita manfaatkan kesempatan itu sebaik baiknya, sehingga makin strong," tutup Warih yang baru saja pulang dari Cannes, Perancis menerima penghargaan Golden Dolphin atas sukses video corporate Perjalanan Toyota Kijang di Indonesia di ajang The Cannes Corporate Media & TV Awards.

Hingga saat ini, Toyota Indonesia sudah memiliki sekitar 80 negara tujuan ekspor, baik CBU, CKD dan juga ekspor berupa mesin. (Zie)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine