FIM Dan Dorna Wajibkan Racing Suit MotoGP 2018 Pakai Air-Bag : Jorge Lorenzo Semangat, Bawa Bantal?

Sabtu, 29/10/2016 20:12 WIB

mobilinanews (Sepang - Malaysia) – Keselamatan pembalap MotoGP makin jadi perhatian FIM dan Dorna. Sebagai regulator dan promotor balap motor prototipe yang mirip sirkus, mereka berusaha menjaga para bintang sirkuit yang merupakan aset. Di Sepang, bareng seri XVII MotoGP, terbitlah aturan baru untuk melindungi para kontestan MotoGP.

Hal ini terkait besarnya resiko kematian rider. Paling akhir, mangkatnya Luis Salom karena kecelakaan saat latihan di Catalunya. Tapi, yang paling tragis dan selalu dikenang adalah tewasnya Marco Simoncelli saat balapan di Sepang 5 tahun lalu.

Tentu FIM dan Dorna tidak bisa menyulap aspal jadi kasur, lalu gravelnya jadi tumpukan kapuk. Kalau begitu, nanti sirkuit jadi tempat tidurnya pembalap.

Makanya, FIM dan Dorna berusaha bikin selimut. Halaah…, ngaco, deh! Maksudnya, membuat baju balap alias racing suit dengan bantal. Haduuuh! Dengan air-bag alias bantalan udara! Aturan ini jadi kewajiban yang harus dilakukan para produsen baju zirah alias racing suit buat pembalap sejak 2018 nanti.

Nah, kalau ide ini, langsung ditangkap suka-cita oleh Jorge Lorenzo. Doi paling setuju usulan FIM dan Dorna. Mungkin karena olokan dari Randy Mamola, yang bilang Spaniard ini sudah kehilangan nyalinya di sirkuit.

Malah, Lorenzo sudah mencoba racing suit bikinan Alpine Star yang dilengkapi air-bag. Hasilnya? “Aku nggak setiap saat pakai racing suit yang dilengkapi air bag. Tapi, kebanyakan, kalau bisa pakai, aku akan pakai. Dan aku mencoba lebih sering pakai, karena lebih aman,” ungkap pembalap berjulu X-Fuera itu.

Alasan Lorenzo, pakaian balap Alpine Tech-Air System itu belum senyaman yang tanpa teknologi air-bag yang. “Soalnya, ada lebih banyak material di racing suit itu. Banyak plastik. Jadi kurang fleksibel. Terutama di bagian pundak,” lanjut juara dunia MotoGP 3 kali itu.

Yang jelas, Lorenzo mengaku merasa lebih aman setiap balapan memakai Alpine Star Tech-Air System. Mungkin dia merasa membawa bantal di bajunya. Asal jangan jadi pengin tidur aja, ya Zo! (Aries Susanto)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!