Double Silencer di All New Honda CBR250RR : Signifikan Dongkrak Tenaga, Atau Naikan Gaya dan Harga?

Selasa, 08/11/2016 10:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Hingga kini, teknologi double silencer di All New Honda (ANH) CBR250RR masih misterius kegunaannya. Apalagi setelah melihat Suzuki GSX-R 150 dan TVS Apache muncul dengan knalpot yang mengaplikasi dua lubang pada silencernya. Kita jadi teringat dengan beberapa knalpot after-market yang juga menerapkan dua silencer untuk menambah aksi. Lalu, apa gunanya teknologi double silencer di ANH CBR250RR? Tambah performa, atau cuma gaya?

PT. Astra Honda Motor (AHM) yang punya ANH 250RR pasti yakin konfigurasi exhaust 212 itu bukan sekadar gaya. Apalagi mereka menyebut di dalam salah satu silencernya, ada klep pengatur gas buang. Yang baru terbuka pada kondisi putaran mesin tertentu.

Tapi, menurut sumber-sumber buku mengenai knalpot, penerapan dua peredam suara di ujung knalpot, ya sekadar menambah daya redam suara. Yang kecil berfungsi sebagai resonator, yang besar sebagai silencer. Yang resonator mengatur bunyi. So, tidak ada kaitan dengan performa. Karena muffler dengan dua silencer juga sudah diaplikasi pada

Merunut itu, rasanya kita jadi lebih pede bilang, doule silencer di AHN CBR250RR semata untuk mengatur suara agar lebih merdu di dengar. Itu pula yang didengar mobilinanews saat mendengar suara GSX-R150 dan TVS Apache ketika mesinnya dihidupkan. Suaranya jadi unik dan makin halus.

Jangan lupa, ANH250RR adalah produk modern PT. AHM. Bukan tidak mungkin motor berkapitas 250cc ini sudah mengikuti regulasi Euro3 yang sudah mengatur batasan suara knalpot.

So, kenapa Honda tidak membuatnya lebih simpel seperti Suzuki GSX-R 150 atau TVS Apache pada motor yang sudah dapat lebih dari 1000 pesanan itu? Kan, dari sisi bobot, silencer tambahan tadi bikin ANH 250RR jadi lebih berat! Belum lagi silencer tadi otomatis menambah biaya produksi, yang berakibat pada harga jual yang lebih tinggi.

Tapi, “Pabrikan motor tentu memiliki perhitungan dalam menerapkan knalpot. Konstruksi  double silincer dengan 4 katup, 1 pipa dan berujung 2 pipa, sejauh pandangan saya akan menghasilkan suara dengan karakter racing. Seberapa signifikan dapat mendongkrak performa, tentu Honda telah memiliki perhitungan," ungkap Aristraskhus, Marketing Manager PT. Sakura Java Indonesia, produsen knalpot Sakura, kepada mobilinanews.

Nah…, mungkin Honda sudah menghitung. Minimal melihat. Bahwa tampilan 2 silencer jadi lebih menarik daripada bikin 1 silencer dengan dua lubang. Buktinya kita jadi bertanya-tanya. (Oka Aditya)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060