Tips Mengendarai Motorsport Pemula (2 - Tamat)

Selasa, 17/03/2015 17:23 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Telah dibahas sebelumnya tips mengendarai motorsport buat pemula. Baca Tips Mengendarai Motorsport Pemula (1) .

Berikut beberapa hal lain yang perlu diperhatikan para penunggang motorsport pemula:

5. Melengok Sebelum Membelok
Melongok sebelum membelok merupakan salah satu hal terpenting. Hal ini sesuai data Motorcycle Safety Foundation (MSF), lembaga nirlaba di Amerika Serikat yang mendapat dukungan sponsor di antaranya BMW, Ducati, Harley Davidson dan Yamaha.

Membiasakan sedikit melengokkan kepala ketika akan berpindah lajur atau berbelok, efeknya jalanan terasa lebih luas dan potensi bahaya bisa diperkecil. 

6. Biarkan Kaca Helm Tertutup
Sangat dianjurkan menggunakan pelindung mata (kaca helm atau kacamata) ketika mengendarai motor. Komponen tersebut dapat melindungi kedua bola mata biker dari terpaan hal-hal yang bisa terbang nyasar, seperti serangga, debu atau batu.

Namun jika dibutuhkan aliran udara untuk menyegarkan pandangan, bisa juga membuka kaca film atau mengangkat kacamata sebentar saja.

7. Anggap Anda Tidak Kelihatan
Mungkin pernah mendengar hal ini sebelumnya, yakni ketika berkendara anggap Anda tidak kelihatan. Ada kalanya mata Anda bertemu dengan mata pengguna jalan lain. Jika menemui hal ini, jalan terbaik hindari sesegera mungkin dengan berasumsi Anda telah menggunakan atribut a la predator yang tak kelihatan.  

8. Pastikan Anda Memiliki Rencana “Melarikan” Diri
Asumsikan ada orang-orang yang bermaksud mencelakakan Anda ketika berkendara, untuk itu Anda harus senantiasa membuat rencana “melarikan” diri. Cara ini dapat mengeliminir potensi kecelakaan. Bayangkan Anda seperti Arnold Schwarzenegger di film “Running Man”.

Semoga hal di atas menambah referensi Anda di atas motor.

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!